Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Innova Zenix Hybrid Aman Dipakai Menerobos Banjir?

Kompas.com - 14/03/2023, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan lebat masih rutin mengguyur beberapa wilayah di Indonesia dan tak jarang pula, terjadi banjir akibat curah hujan tinggi. Menyikapi hal itu, pengendara mobil dianjurkan untuk selalu berhati-hati.

Menyoal situasi banjir, ada pertanyaan yang muncul terkait daya tahan mobil ketika menghadapi banjir. Apakah mobil hybrid seperti Innova Zenix hybrid yang memiliki daya tahan yang berbeda dengan mobil konvensional dalam situasi tersebut?

Dijelaskan Didi Ahadi, Head of Dealer Technical Support Departement TAM, meskipun memiliki dua jenis penggerak (listrik dan mesin konvensional), mobil jenis hybrid tidak memiliki keunggulan dibandingkan mobil konvensional saat menghadapi banjir.

“Walaupun ada beda jenis penggerak, dua-duanya (mobil hybrid dan mobil konvensional) enggak ada perbedaan. Sama-sama tidak didesain untuk menerabas banjir,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (13/3/2023).

Baca juga: Gara-gara Karpet, Garansi Innova Zenix Hybrid Bisa Hangus

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes lewat genangan air di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes lewat genangan air di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Kerusakan pada komponen Innova Zenix Hybrid yang menerabas banjir hanya berbeda sedikit dari mobil konvensional. Secara fungsi, penggerak listrik pada Zenix didesain untuk water resist (tahan air) bukan water proof (kedap air).

Terlepas dari penggerak listrik, kerusakan komponen Innova Zenix Hybrid lainnya jika terendam banjir cukup serupa dengan mobil konvensional.

“Kendala lainnya cukup serupa dengan mobil konvensional, seperti konslet, kaki-kaki bermasalah, sampai water hammer kalau air masuk ke dalam mesin,” kata Didi.

Tips aman yang bisa diikuti oleh pemilik Innova Zenix saat menghadapi banjir adalah mengukur ketinggian air sebelum melintas. Menurut Didi, ketinggian air jangan melebihi seperempat ukuran roda.

“Kalau ketinggian banjir sudah setengah roda atau sudah menyentuh dek bawah mobil, sebaiknya jangan menerobos. Banyak perkabelan baterai hybrid di bawah dek yang bisa konslet jika terkena air,” ujarnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com