Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Warga Lempari Batu ke Mobil, Diduga Balap Liar

Kompas.com - 11/03/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video yang menampilkan kerumunan warga lempari mobil dengan batu viral di Instagram. Diduga, warga kesal dengan kegiatan balap mobil liar yang dilakukan di kawasan Jalan Kyai Tapa, Grogol, Jakarta Barat, Jumat (10/3/2023) dini hari.

Berdasarkan keterangan pada video yang diunggah akun merekamjakarta, orang-orang yang ada di video awalnya menegur para pengemudi mobil yang kebut-kebutan.

"Jalan S. Parman disebut warga sekitar sering jadi tempat kebut-kebutan mobil. Sampai akhirnya tadi malam mendapat makian dari salah satu mobil yang balap liar," tulis keterangan di unggahan merekamjakarta, dikutip Kompas.com, Sabtu (11/3/2023).

Baca juga: Balap Liar Street Race di Kemayoran Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Merekam Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

 

Situasi memanas kemudian memicu warga jadi kesal sampai melempari mobil dengan batu. Namun, aksi warga yang protes sambil melakukan hal tersebut juga tidak dibenarkan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, seharusnya ada pihak keamanan yang berwenang, mengamankan lingkungan.

"Lucu sih, pihak keamanan yang harusnya berwenang mengamankan lingkungan malah enggak ada. Efeknya, bikin sebagian masyarakat memanfaatkan jalanan umum sebagai tempat trek-trekan," kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (11/3/2023).

Baca juga: Marak Aksi Bus Ngeblong, Harus Ada Sanksi Tegas buat Sopir


Selain berisiko kecelakaan, balap liar ini juga memicu konflik dengan warga sekitar. Kasihan orang lain yang menggunakan jalan dan tidak tahu apa-apa bisa terkena imbasnya.

"Sebenarnya ada tindakan yang lebih bijaksana, hubungi Polisi atau tutup sementara ruas jalan sampai petugas datang, jadi jangan main hakim sendiri," ucap Sony.

Menurut Sony, tugas masyarakat itu hanya melaporkan adanya gangguan ketertiban atau bahaya. Biarkan petugas yang berwenang mengatasi masalah tersebut.

Polisi bisa memperketat pengawasan di daerah yang rawan aksi balap liar. Selain itu, Polisi bisa lebih sering melakukan patroli, sehingga membuat lingkungan lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com