Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Fitur All New Perodua Axia, Calon Daihatsu Ayla di Indonesia

Kompas.com - 09/02/2023, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Perodua Axia sudah diperkenalkan kepada media Malaysia. Mobil yang di Indonesia bernama Daihatsu Ayla itu akan resmi meluncur pada 14 Februari 2023.

Perubahan generasi baru Perodua Axia ini cukup signifikan dibanding model sebelumnya. Di mana mobil menggunakan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dengan kode D74A.

Baca juga: Desain Agresif Chery Omoda 5, Calon Pesaing Honda HR-V

All New Perodua Axia, kembaran Agya-Ayla di IndonesiaDok. Paultan.org All New Perodua Axia, kembaran Agya-Ayla di Indonesia

Dilansir dari Paultan, mobil baru ini mengalami peningkatan di beberapa sektor. Mulai dari penyematan lampu depan yang sudah mengadopsi teknologi LED serta dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL).

Selanjutnya, spion juga sudah bisa menekuk otomatis secara elektrik. Gagang pintu menggunakan model tarik bukan model flip, dan pada varian tertentu tersedia fitur keyless entry.

Mesin 1.000cc baru dibekali transmisi D-CVT. Total memiliki empat varian yaitu G, X, SE dan AV, yang mana pada dua varian terakhir ada tambahan mode Eco Idle dan Power.

Baca juga: Pasca-Pandemi Covid-19, Autoglaze Tawarkan Saham Mulai Rp 1,8 Jutaan

Interior Perodua Axia, kembaran Daihatsu Ayla, yang generasi terbarunya akan meluncur dalam waktu dekatDok. Paultan.org Interior Perodua Axia, kembaran Daihatsu Ayla, yang generasi terbarunya akan meluncur dalam waktu dekat

Dengan CVT, konsumsi bahan bakar kini diklaim menjadi 25,3 Km per liter atau hingga 27,4 Km per liter dengan sistem start-stop otomatis Eco Idle. Tak cuma irit mobil diklaim lebih kencang, akselerasi 0-100 Kpj meningkat 20 persen.

Angka-angka yang diklaim ini disebut sebagai Malaysian Driving Cycle (MDC), yang menurut dugaan mengikuti kondisi jalan dan pola mengemudi setempat.

Ubahan lain yang menjadi sorotan adalah bagian interior yang pada dasarnya merupakan turunan Daihatsu Rocky. Panel instrumennya sudah menggunakan layar TFT berukuran 7 inci dan ada 3D ring tachometer.

Baca juga: Honda dan Telkom Berkolaborasi Menghadirkan Dunia Virtual

Perodua Axia, kembaran Daihatsu Ayla, yang generasi terbarunya akan meluncur dalam waktu dekatDok. Paultan.org Perodua Axia, kembaran Daihatsu Ayla, yang generasi terbarunya akan meluncur dalam waktu dekat

Untuk head unit, dibekali dengan layar sentuh berukuran sembilan inci model floating.

Jok varian G dan X yang merupakan varian terbawah dibekali dengan jok yang headrest-nya menyatu. Sementara varian SE dan AV yang merupakan varian teratas, joknya model semi bucket seat dan headrest terpisah.

Fitur keselamatan pasif turut mengalami peningkatan dengan dilengkapi enam airbag. Sementara untuk fitur keselamatan aktif, Advanced Safety Assist (ASA) tetap disematkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com