Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Sikap yang Aman Saat Pengguna Motor Ketemu Jalan Berlubang

Kompas.com - 10/02/2023, 06:42 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Kondisi jalan yang berlubang cukup berbahaya dan mengancam keselamatan pengendara, terutama pengguna sepeda motor. 

Kecelakaan bisa terjadi karena motor menerjang lubang. Selain itu, pelek dan komponen roda lainnya berpeluang rusak berat. 

Kemudian, pemilik motor bertanya-tanya apakah ada cara aman melewati jalan yang rusak. Pilihannya ada dua, yaitu tetap diterjang, atau menghindar dengan cara bermanuver, lantas seperti apa? 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, pada praktiknya tidak perlu bermanuver mendadak untuk menghindari lubang. 

"Mau ditabrak saja atau menghindar kan enggak bisa ragu-ragu. Langsung keputusan cepat. Perlu pertimbangan juga keselamatan pengendara lainnya di sekitar," kata Jusri. 

Baca juga: Truk ODOL, Rawan Kecelakaan, hingga Bikin Jalan Rusak

Pergerakan kendaraan yang mendadak untuk berpindah jalur menghindari lubang, justru rawan menyebabkan pengendara lainnya menabrak kendaraan tersebut. 

JATIM - Pemkot Malang Kehabisan Anggaran, Perbaikan Jalan Berlubang Belum MerataKOMPAS.com/ Nugraha Perdana JATIM - Pemkot Malang Kehabisan Anggaran, Perbaikan Jalan Berlubang Belum Merata

Tak heran, faktor kondisi jalan yang padat menentukan keputusan untuk bermanuver. 

Nantinya, biar tak sampai menyebabkan kecelakaan, dia menyarankan, sebaiknya pengendara motor tetap menerjang saja sambil mengurangi kecepatan kendaraan. 

"Menghindari lubang bila ruang geraknya padat, bahaya. Mending diterjang tapi kontrol pengendalian biar tidak oleng," kata Jusri. 

Tetap ada tekniknya, menurut Jusri, pengendara motor bisa mengatur posisi berkendara, yaitu posisi bahu tegak dan tumpuan bobot tak cuma pada bagian tubuh tertentu, contohnya tangan dan pantat. 

Baca juga: Tips Memilih Jas Hujan, Harus Pas dengan Badan

"Enggak beda jauh teknik pada motor cross. Tumpuan beban di bahu dibagi ke seluruh tubuh hingga pantat. Bisa pegangan, tapi tetap kontrol pada laju kendaraan," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com