Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda WR-V Kantongi 5 Bintang ASEAN NCAP

Kompas.com - 21/01/2023, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda WR-V membuktikan kualitasnya dengan meraih predikat tingkat keselamatan tertinggi dari hasil pengujian ASEAN New Car Assessment Program for Southeast Asia (NCAP) pada 20 Januari 2023.

Secara total, small SUV terbaru yang dibuat di pabrik Karawang, Jawa Barat tersebut, mengantongi skor 77.07 dari 100 persen dengan melewati serangkaian uji tabrak dari depan, samping, juga pengetesan fitur keselamatan.

Untuk rinciannya, WR-V berhasil meraih skor 27.41/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), kemudian 42.79/51 untuk Child Occupant Protection (COP), 16.37/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs), dan 8.36/16 untuk Motorcyclist Safety (MS).

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan Honda WR-V Sampai 100.000 Km

Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengucapkan terima kasih kepada ASEAN NCAP yang telah melakukan pengujian fitur keselamatan produk-produk Honda melalui prosedur dan standar yang sangat ketat.

Honda WR-V RS with Honda Sensing media test drive BaliHPM Honda WR-V RS with Honda Sensing media test drive Bali

"Pencapaian yang diraih Honda WR-V menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya dan mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya," ujar Billy dalam keterangan resminya, Jumat (20/1/2023).

Seperti diketahui, WR-V memiliki beragam fitur keselamatan modern, salah satunya seperti Honda Sensing. Selain itu, penggunaan struktur bodi G-CON + ACE with side impact beam juga diaplikasi guna penyebaran energi saat terjadi benturan untuk melindungi area kabin ketika tabrakan.

Bicara kelengkapan keselamatan, Honda WR-V hadir dengan enam airbags untuk melindungi pengendara dan penumpang dari benturan depan dan samping. ISOFIX dan Teather juga disematkan pada baris kedua untuk mengingat child car seat untuk yang membawa balita.

Baca juga: Seberapa Irit Honda WR-V Diajak Keliling Pulau Dewata

Honda WR-VKompas.com/Adityo Honda WR-V

Desain bodi WR-V juga dirancang dengan Pedestrian Protection yang meliputi impact-absorbing wiper pivot, impact-absorbing hood, collapsible hood hinges, leg-impact-absorbing construction, dan impact-absorbing fender, untuk memenimalkan dampak fatal bagi pejalan kaki saat terjadi kecelakaan.

Pencapaian rating tertinggi soal keselamatan pada WR-V melengkapi model-model SUV Honda lainnya yang sebelumnya juga telah mendapatkan predikat yang sama dari ASEAN NCAP, yaitu HR-V, BR-V, dan CR-V pada 2017.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com