Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Macet di Jalan Menanjak | Avanza-Veloz Kuasai Pasar MPV Murah, Tekuk Xpander dan Stargazer

Kompas.com - 18/01/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan yang menanjak disertai lalu lintas yang padat kerap menjadi medan yang susah untuk dilalui oleh sebagian orang.

Tidak sedikit peristiwa kecelakaan terjadi di jalan yang kondisi geometriknya miring. Hal ini disebabkan pengemudi mobil membutuhkan keahlian khusus, atau setidaknya terbiasa dengan medan tersebut.

Jika tidak, maka rasa was was ketika membawa mobil di medan tersebut pun tidak bisa dihindari. Maka dari itu diperlukan trik khusus untuk diikuti agar pengemudi lebih percaya diri saat melewati jalan menanjak dan macet.

Selain itu, Toyota Avanza dan Veloz berhasil menguasai pasar mobil keluarga murah atau Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di Indonesia sepanjang 2022.

Pencapaian ini ditorehkan dengan penguasaan pangsa pasar 49,7 persen dari total penjualan di segmennya. Diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah penjualan kedua model tersebut ialah 92.646 unit.

Avanza mencatatkan angka 60.624 unit sementara Veloz sebagai varian teratasnya sebanyak 32.022 unit.

Angka tersebut, naik hingga 40 persen dibandingkan periode Januari-Desember 2021 atau year-on-year (yoy). Keadaan ini, sejalan dengan penjualan mobil nasional yang bertumbuh 18,1 persen dari 887.202 unit jadi 1.048.040 unit (wholesales).

 

1. Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Macet di Jalan Menanjak

Satlantas Polresta Bogor Kota mengimbau kepada masyarakat yang melintasi jalan menanjak disertai macet agar menggunakan gigi rendah untuk mobil-mobil matik.

“Pastikan gigi percepatan selalu berada di gigi rendah, 1 atau L untuk mobil matik, dengan demikian torsi akan senantiasa terjaga dan aman untuk melibas tanjakan yang curam sekali pun,” tulis Satlantas Polresta Bogor Kota di Instagram, Senin (16/1/2023).

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Macet di Jalan Menanjak

 

2. Avanza-Veloz Kuasai Pasar MPV Murah, Tekuk Xpander dan Stargazer

Toyota Avanza di Filipinatoyota.com.ph Toyota Avanza di Filipina

Beberapa faktor yang mendasari kenaikan pasar roda empat atau lebih nasional, disinyalir karena kondisi pandemi Covid-19 yang semakin membaik sehingga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat.

Kembali ke MPV murah terlaris di Indonesia, tepat berada di bawah Veloz atau posisi ke-3, ada Mitsubishi Xpander dengan penjualan 31.525 unit. Walau terjadi peningkatan dari 30.283 unit pada 2021, Xpander turun satu peringkat.

 

Baca juga: Avanza-Veloz Kuasai Pasar MPV Murah, Tekuk Xpander dan Stargazer

3. Ingat, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Ilustrasi, BPJS Kesehatan akan menjadi syarat mengurus berbagai pelayanan publik, termasuk permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Ilustrasi, BPJS Kesehatan akan menjadi syarat mengurus berbagai pelayanan publik, termasuk permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).

Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia dijadikan bukti seseorang layak dan berkompetisi untuk berkendara di jalan raya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com