Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Jajal Hypercar BMW M Hybrid V8

Kompas.com - 14/01/2023, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Valentino Rossi tampaknya masih terus aktif di dunia motorsport, meskipun baru saja pensiun dari kelas tertinggi balap roda dua.

Paling baru, Rossi mendapat kesempatan besar untuk mencicipi hypercar BMW M Hybrid V8. Tes mobil tersebut sebagai bentuk penghargaan buat sosok The Doctor, yang tahun ini resmi menjadi pebalap pabrikan BMW.

BMW memastikan akan ada tes khusus buat Rossi untuk mengendarai prototipe LMDh (Le Mans Daytona hybrid) ini.

Baca juga: Pahami Kode dari Sopir Saat Naik Bus, Artinya Awas Ada Copet

Valentino Rossi bakal jajal BMW M Hybrid V8 akhir tahun ini.Dok. Autosport Valentino Rossi bakal jajal BMW M Hybrid V8 akhir tahun ini.

Perihal waktunya masih belum ada info lebih jauh, namun Rossi diperkirakan bisa mengetesnya di akhir tahun.

Tentunya setelah tim BMW M selesai mengikuti kejuaraan IMSA (International Motor Sports Association) SportsCar 2023 di kelas Grand Touring Prototype (GTP).

"Kami rencananya memberikan kesempatan tes mobil Grand Touring Prototype (GTP). Mobil GT3 memang bagus, tapi GTP tentu adalah level berbeda," ujar bos BMW M Motorsport Andreas Roos, dilansir dari Autosport (13/1/2023).

Baca juga: Mengapa Mobil PHEV Jauh dari Laris di Indonesia?


"Jika itu terjadi, tentu akan di akhir tahun. Kupikir saat ini kami masih sibuk bekerja dan masih banyak persiapan untuk IMSA," kata dia.

Adapun Valentino Rossi masih akan balapan reguler di GT World Challenge Europe bersama W Racing Team (WRT), namun beralih dari mobil Audi ke BMW M4 GT3.

Mencoba prototipe hypercar GTP, tentu akan menjadi pengalaman besar buat Valentino Rossi yang terbiasa dengan mobil GT3.

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Resmi Meluncur

Ilustrasi BMW M Hybrid V8.Dok. BMW Motorsport Ilustrasi BMW M Hybrid V8.

Dengan kecepatan dan tenaga yang lebih tinggi, serta beberapa fitur yang lebih rumit, tentu akan menjadi tantangan tersendiri buat Rossi.

"Tujuan awal untuk Valentino adalah sebagai bagian line up kami di program GT3. Karena dia belum pernah mencoba mobil hypercar, kami pertama akan memberikannya tes dan melihat bagaimana dia beradaptasi dengan mobilnya, bagaimana dia merasakannya," ucap Roos.

"Akan ada tes dan kami akan lihat bagaimana langkah selanjutnya, entah ya atau tidak soal dia balapan dengan M Hybrid ini," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com