Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Varian Toyota Kijang Kapsul, Mulai SX sampai Krista

Kompas.com - 09/01/2023, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Kapsul menjadi salah satu mobil bekas lawas yang banyak diincar oleh konsumen otomotif.

Pasalnya, multi purpose vehicle andalan Toyota ini memiliki sejumlah keunggulan, mulai dari mesin yang bandel, kabin yang lega hingga harga bekas yang terbilang cukup murah.

Untuk diketahui, konsep Kijang sebagai kendaraan niaga mulai bergeser menjadi kendaraan penumpang sejak generasi ketiga muncul. Di masa itulah Kijang mengalami masa kejayaannya dengan menghadirkan Kijang Kapsul dengan desain yang jauh lebih modern.

Baca juga: Harga Bekas Toyota Kijang Kapsul Tembus Rp 100 Juta

Mobil Toyota Kijang Kapsul pertama kali diluncurkan pada 1997 yang terbagi menjadi beberapa varian.

Berdasarkan kualitas, varian terendah atau standar dari Kijang Kapsul ada pada SX dan LX. Kemudian varian Deluxe ada SSX dan LSX, sementara untuk varian Grand ada SGX dan LGX. Sementara untuk varian tertinggi adalah Kijang Krista.

Toyota Kijang jadi pilihan menarik mobil bekas Rp 50 jutaanDicky Aditya Wijaya Toyota Kijang jadi pilihan menarik mobil bekas Rp 50 jutaan

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, perbedaan varian bisa dilihat dari huruf pertama pada tipenya, dimana S untuk Short wheelbase dan L untuk Kijang yang Long wheelbase.

“Jadi varian-varian tersebut hanya beda di fitur dan interiornya saja. Kalau SX dan LX jadi tipe paling dasar, tipe tersebut masih pakai engkol, belum power window,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/1/2023).

Sedangkan untuk varian SSX dan LSX memiliki fitur yang lebih lengkap dari SX dan LX, seperti tape player dan power window.

Selanjutnya untuk tipe SGX dan LGX yang menjadi varian teratas dibekali dengan fitur yang lebih lengkap dari tipe SSX dan LSX, seperti AC double blower dan sudah dibekali dengan wiper untuk kaca bagian belakang.

Toyota Kijang Generasi IVTAM Toyota Kijang Generasi IV

“Untuk membedakan varian SGX dan LGX juga bisa kita lihat dari posisi bangku ketiga, kalau yang SGX bangkunya hadap-hadapan, sementara LGX bangkunya menghadap ke depan. Bagasinya juga lebih luas yg LGX dibanding SGX,” kata dia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.