Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Kecanggihan Fitur Keselamatan Aktif BMW X3 M Sport

Kompas.com - 31/12/2022, 14:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW X3 xDrive30i M Sport dibekali dengan beragam teknologi canggih, termasuk Advanced Driver Assistance System (ADAS). Teknologi tersebut meliputi beragam fitur keselamatan aktif.

Untuk merasakan kecanggihan fitur yang dimiliki X3 M Sport, tim Kompas.com menggelar Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2022. Mobil ini dibawa ke luar kota, tepatnya Bandung, Jawa Barat.

Beberapa fitur keselamatan aktif yang dimiliki sport activity vehicle (SAV) ini, seperti Lane Departure Warning, Lane Change Warning, , Collision and Pedestrian Warning with city braking function, Rear Crossing Traffic Warning and Rear Collision Warning, dan lainnya.

Baca juga: Sensasi Mengendarai BMW X3 M Sport di Jalan Aspal dan Perbukitan

Saat fitur tersebut diaktifkan, sensor akan mendeteksi ketika mobil mulai keluar jalur. Sensor akan membawa garis putih atau marka jalan dan memberikan notifikasi berupa getaran pada setir.

Test drive BMW X3 M Sport dalam Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2022Kompas.com/Adityo Test drive BMW X3 M Sport dalam Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2022

Selain itu, fitur tersebut juga akan mengoreksi jalur dan membawa mobil kembali ke tengah. Fitur ini sangat membantu saat melaju di jalan tol.

Fitur ini juga mengingatkan pengemudi untuk selalu menyalakan lampu sein ketika akan menyalip kendaraan di depan. Sebab, fitur Lane Change Warning akan menyala jika pengemudi menyalip tanpa menyalakan sein. Sehingga, akan sedikit membuat kagok atau terasa berat untuk menggerakkan setir ke luar jalur.

Baca juga: Generasi Terbaru BMW X3 M Berstatus Mobil Listrik

X3 M Sport juga dibekali dengan fitur yang dapat membantu pengemudi untuk melakukan pengereman saat mendeteksi ada pejalan kaki atau objek lain di depan. Sehingga, meminimalisasi potensi terjadinya kecelakaan.

Test drive BMW X3 M Sport dalam Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2022Kompas.com/Adityo Test drive BMW X3 M Sport dalam Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2022

Fitur keselamatan aktif lainnya yang sangat berguna adalah Rain Sensor dan Automatic Driving Lights Control. Dengan Rain Sensor, wiper akan otomatis menyala ketika hujan turun. Saat kondisi gelap, dengan adanya Automatic Driving Lights Control juga pengemudi tidak perlu repot-repot menyalakan lampu, karena akan menyala otomatis.

Terakhir, saat berada di jalan tol, test driver Kompas.com juga mencoba Dynamic Cruise Control. Fitur ini bekerja seperti cruise control pada umumnya. Tapi, dengan adanya sensor dan radar di bagian depan, mobil bisa melakukan pengereman sendiri untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com