Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Camshaft Khusus untuk Mesin Mobil Modifikasi

Kompas.com - 31/12/2022, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Banyak komponen yang bisa diubah dalam memodifikasi mesin mobil. Hal itu perlu dilakukan karena setiap ada ubahan pada salah satu mekanikal mesin, penyesuaian pada komponen lain perlu dilakukan.

Jika tidak dilakukan penyesuaian, maka ubahan yang dilakukan tidak akan menghasilkan tenaga yang diharapkan. Justru terkadang membuat performa mesin menurun.

Seperti halnya mengubah piston, maka diperlukan penyesuaian pada camshaft atau poros yang mengatur membuka dan menutupnya katup pada mesin. Maka dari itu perlu camshaft khusus untuk mesin modifikasi.

Baca juga: Butuh Piston Khusus untuk Modifikasi Mobil Balap

Camshaft merupakan komponen untuk mengatur lama pembukaan katup masuk dan keluar di mesinKompas.com/Erwin Setiawan Camshaft merupakan komponen untuk mengatur lama pembukaan katup masuk dan keluar di mesin

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio, mengatakan modifikasi pada camshaft bermaksud untuk mengubah lama waktu pembukaan katup masuk dan keluar pada mesin.

“Sehingga, dengan camshaft khusus ini maka lama waktu pembukaan katup masuk dan keluar berubah, disesuaikan dengan kebutuhan mesin,” ucap Rio kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan dengan semakin lama katup membuka maka udara yang masuk akan semakin banyak yang ujung-ujungnya dapat membuat menaikkan rasio kompresi.

Baca juga: Modifikasi Ekstrem Toyota Alphard Jadi Truk Pikap

Kepala silinder tempat dudukan camshaft dalam mengatur bukaan katupKompas.com/Erwin Setiawan Kepala silinder tempat dudukan camshaft dalam mengatur bukaan katup

“Kalau kompresi mesin tinggi, maka mesin berpeluang bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar, dengan catatan butuh penyesuain lainnya seperti jenis bahan bakar dan komponen penunjang lainnya,” ucap Rio.

Dia mengatakan untuk camshaft khusus mobil kencang sendiri banyak dijual baik di pasar lokal mau pun luar negeri.

“Ada yang menjual sudah dalam wujud setelan racing dengan berbagai grade, namun kami juga bisa memodifikasinya secara manual dengan bantuan mesin CNC,” ucap Rio.

Baca juga: Unik! Modifikasi Honda Civic Estilo Berwajah Porsche 993

Menurut dia, perbedaannya ada di tonjolan pada camshaft. Hal itu akan menentukan kapan katup mulai terbuka dan menutup.

“Untuk kebutuhan mobil kencang biasanya dibikin maju waktu katup hisap membuka, karena memang mesin dengan kecepatan tinggi butuh pembakaran yang dimajukan,” ucap Rio.

Jadi, camshaft khusus untuk mobil balap ini memang terbuat dengan setelan khusus dengan berbagai ukuran grade, disesuaikan dengan ubahan yang sedang digarap pada saat memodifikasi mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com