Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan TMII Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 30/12/2022, 15:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu titik keramaian saat malam tahun baru adalah kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Rencananya, pihak berwajib bakal melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi volume kendaraan di sana.

Kepala Sudinhub Jakarta Timur Dody Setiawan, mengatakan, rekayasa lalin akan dilakukan jika kondisi ruas jalan sudah mengalami stagnan, khususnya di Jalan Raya Pintu I TMII. Bila kondisinya demikian, lalin dialihkan ke rute yang telah disiapkan.

Termasuk memecah akses masuk ke TMII ke sejumlah titik seperti di pintu 1, 2, 3 dan 4. Jika situasi normal, maka rekayasa lalin tidak akan diberlakukan.

Baca juga: Prediksi Mobil Baru yang Meluncur di Tahun 2023, Banyak Kejutan

Area jalan dan anjungan di TMII yang sudah dipoles lebih apik setelah revitalisasi. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Area jalan dan anjungan di TMII yang sudah dipoles lebih apik setelah revitalisasi.

"Kalau kendaraan tidak bisa bergerak lagi, barulah kita lakukan rekayasa lalin," ujar Dody, disitat dari keterangan tertulis (30/12/2022).

Dody menuturkan, dalam rekayasa lalin ini, kendaraan dari arah traffic light (TL) simpang Garuda tidak dibolehkan lagi melintas ke Jalan pintu 1 TMII. Demikian halnya kendaraan dari Jalan Mabes TNI, tidak diperkenankan masuk ke terowongan Tol Ceger.

"Untuk sarana parkir di luar gedung TMII disiapkan di Museum Purna Bakti Pertiwi, Masjid At-Tin, Gedung Pencak Silat IPSI dan lapangan TPI," ucap Dody.

"Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, masyarakat yang akan menuju TMII diimbau menggunakan moda transportasi angkutan umum. Ada bus Transjakarta yang beroperasi sampai ke TMII atau Jak Lingko," kata dia.

Baca juga: Suzuki Jimny LWB Meluncur Pertengahan Januari 2023

Berikut ini rekayasa lalu lintas di kawasan TMII:

- Selama rekayasa lalin, kendaraan yang akan masuk melalui pintu 1 dari arah Cawang menuju pintu 1 TMII melintas melalui simpang PGC Cililitan-Jalan Raya Bogor-simpang Hek- Jalan H. Bokir bin Dji'un-simpang Keramik-simpang Garuda-Jalan Taman Mini 1 dan masuk pintu 1.

- Kemudian arus lalin dari arah Pasar Minggu atau Depok atau Bogor menuju Pintu 1 TMII melintas melalui simpang TL Pasar Rebo-Jalan TB. Simatupang-Terowongan Sianturi-Jalan Raya Mabes Hankam-Jalan Taman Mini I-simpang TL Garuda-Jembatan Jalan H. Bokir Bin Dji'un-Putar Balik di simpang TL Keramik atau Jalan Dukuh Jembatan-Jalan H. Bokir Bin Dji'un-simpang TL Garuda-Jalan Taman Mini I-Pintu 1 TMII.

- Arus lalin dari arah Ceger, Cipayung menuju Pintu 1 TMII, melalui Jl Raya Mabes Hankam-simpang TL Pintu 3 TMII-Kolong Tol Lingkar Luar Jakarta-Jalan Raya Mabes Hankam-Jalan Taman Mini l-simpang TL Garuda-Jembatan Jalan H. Bokir Bin Dji'un-Putar Balik di simpang TL Keramik atau Jalan Dukuh-Jembatan Jalan H. Bokir Bin Dji'un-simpang TL Garuda-Jalan Taman Mini I-Pintu 3 TMII.

- Selanjutnya, arus lalin dari arah exit tol Ceger sisi Selatan menuju Pintu 1 TMII, tepatnya Jalan Raya Mabes Hankam-simpang TL Pintu 3 TMII Kolong Tol Lingkar Luar Jakarta-Jalan Raya Mabes Hankam-Jalan Taman Mini I-simpang TL Garuda-Jembatan Jalan H. Bokir Bin Dji'un-Putar Balik di simpang TL Keramik atau Jalan Dukuh Jembatan-Jalan H. Bokir Bin Dji'un-simpang TL Garuda Jalan Taman Mini 1-pintu 1 hingga 3 TMII.

- Sementara kendaraan yang hendak masuk melalui pintu 2 TMII melintas melalui simpang TL PGC-Jalan Raya Bogor-simpang TL Hek- Jalan H. Bokir Bin Dji'un-simpang TL Keramik-Jembatan Jalan H. Bokir Bin Dji'un-simpang TL Garuda-Jalan Raya Pondok Gede-Jalan Taman Mini II-Jalan Pintu 2 Taman Mini Bawah-Pintu 2 TMII.

- Kemudian arus lalin dari arah Halim Perdana Kusuma menuju Pintu 2 TMII melintas melalui Jalan Raya Pondok Gede-Jalan Taman Mini II-Jalan Pintu 2 Taman Mini Bawah-Pintu 2 TMII. Sedangkan kendaraan dari arah Pondok Gede menuju Pintu 2 TMII melintas melalui Jalan Raya Pondok Gede-simpang TL Lubang Buaya-Jalan Lubang Buaya-Jalan Al Baidho-Jalan Manunggal XVII-JalanTaman Mini II-Jalan Pintu II TMII Bawah-Pintu 2 TMII.

- Kendaraan juga bisa juga melintas melalui Jalan Raya Pondok Gede-simpang depan RS Haji-Jalan Taman Mini II-Jalan Pintu II TMII Bawah-Pintu 2 TMII. Bagi kendaraan yang akan masuk melalui Pintu 4 TMII dari arah Cilangkap atau Bambu Apus menuju Pintu 4 TMII bisa melalui simpang Jalan Bambu Apus Raya-Jembatan Bambu Apus Raya-Jalan H. Karim-Jalanl Mini-Jalan Mini III-Jalan Laksamana-Pintu 4 TMII.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com