Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2022: Daftar Bodi Bus yang Meluncur Sepanjang Tahun Ini

Kompas.com - 29/12/2022, 09:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri pembuat bodi bus selama 2022 terus berkarya, menghadirkan bodi bus terbaru yang bisa jadi andalan para pengusaha bus.

Bisa dibilang, sejak pandemi Covid-19, karoseri bus perlahan bangkit dan di 2022 banyak bodi bus yang meluncur. Mengingat pada awal pandemi, para pengusaha mengurungkan niat menambah armada baru karena sempat tidak boleh beroperasi.

Terhitung ada berbagai model bus yang diluncurkan selama 2022. Karoseri Laksana membuat beberapa model baru, Adiputro bawa divisi custom, New Armada buat generasi baru dari Skyander, Tentrem buat bus listrik, serta produk baru dari Trijaya Union dan Morodadi Prima.

Karoseri Laksana

Bus baru Legacy SR3 buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Legacy SR3 buatan Karoseri Laksana

Karoseri Laksana di awal tahun memperkenalkan susunan bus baru, yakni Suites Combi yang dipasang pada bodi bus besar. Suites Combi sendiri adalah gabungan antara Legacy SR2 Transporter dengan Suites Class.

Jadi pada bagian depan ada bus dengan kabin biasa dan dari tengah ke belakang, ada bangku sleeper. Saat itu, PO pertama dan satu-satunya yang menggunakan bodinya adalah Sinar Jaya.

Baca juga: Kaleidoskop Otomotif 2022: Jibaku Bus Listrik di Indonesia Selama 2022

Kemudian pada ajang GIIAS 2022, Laksana memperkenalkan generasi baru dari Legacy SR3 yang punya ubahan desain lebih elegan. Saat itu, ada tiga bus dibawa dengan pilihan Panorama, Suites Family, dan Suite Combi.

Bus terakhir yang diperkenalkan Laksana di 2022 adalah Discovery terbaru. Sama dengan generasi sebelumnya, Discovery kini dipasang dengan bahasa desain yang serupa dengan Legacy SR3, namun posisi mesinnya di depan.

Karoseri Adiputro

Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi PutroKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi Putro

Karoseri Adiputro pada 2022 menguji coba bus medium monokok yang dinamakan Jetbus Transit. Selain itu pada GIIAS 2022, dibawa Jetbus Transit dengan interior yang diubah menjadi studio podcast berjalan.

Selain itu, Karoseri Adiputro banyak mengerjakan bus dengan kabin yang di-custom. Misalnya bus pariwisata merah milik Travelink, lalu ada bus tingkat milik PO Juragan99 yang dipasang model Dream Coach di kabin atas.

Baca juga: Low MPV Diskon Puluhan Juta, Hyundai Stargazer Tembus Rp 35 Juta

Karoseri New Armada

New Skylander R22 buatan Karoseri New ArmadaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI New Skylander R22 buatan Karoseri New Armada

Pada 2022, Karoseri New Armada memperkenalkan Skylander R22. Bodi ini adalah pembaruan dari Skylander R19 dengan desain yang lebih agresif serta terlihat dinamis dibanding model sebelumnya.

Selain itu, Skylander R22 punya beberapa opsi yang menarik dan baru ditawarkan oleh New Armada. Misal spion kamera, lalu ada videotron di bagian belakang bus, sampai running text LED di kabin yang menggantikan TV.

Karoseri Tentrem

Bus listrik Karoseri TentremKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus listrik Karoseri Tentrem

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com