Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dendam Alex Marquex dengan Honda, Siap Dibalas di Musim 2023

Kompas.com - 22/12/2022, 18:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Alex Marquez bakal membela tim Gresini Racing di musim depan.

Alex pindah dari tim satelit LCR Honda dan bakal menggantikan posisi Enea Bastianini yang mendapat promosi naik ke tim pabrikan bersama Francesco Bagnaia.

Rider berusia 26 tahun ini pun meninggalkan saudaranya, Marc Marquez, yang tetap membela Repsol Honda di MotoGP 2023 bersama dengan Joan Mir.

Baca juga: Honda Mulai Berbenah, Restrukturisasi Tim Teknis MotoGP

Alex mengatakan, musim 2022 merupakan tahun bencana bagi Honda, di mana mereka tidak mencetak kemenangan buat pebalap dan juga tim dalam balapan MotoGP.

Hasil klasemen akhir menunjukan, tak ada satu rider Honda pun yang masuk 10 besar. Di mana Marquez finis di urutan ke-13, sementara Alex di posisi ke-17.

Di musim depan, Alex pun mengatakan bahwa prestasi Honda sudah bukan urusan lagi baginya.

Alex Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022GORINI_LUCA Alex Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

“Honda bukan lagi masalah saya, mulai sekarang terserah mereka. Tapi memang benar Honda adalah bagian dari masa lalu saya dan saya akan selalu berterima kasih atas kesempatan yang mereka berikan kepada saya,” ucap Alex Marquez, dikutip dari Motosan.es, Kamis (22/12/2022).

Bahkan, adik Marc Marquez itu menambahkan, jika Honda tidak bisa tampil kompetitif di musim depan maka akan menjadi peluang baginya dan tim Ducati.

Baca juga: Awas, Bahaya Berkendara Mobil Matik Pakai Sandal Jepit

“Saya tahu apa yang akan saya alami musim baru ini, Honda tidak tahu. Tapi mengapa membodohi diri sendiri jika Honda tidak kompetitif, lebih baik untuk kita (Ducati),” ucapnya.

Sebelumnya, Alex sempat mencoba Desmosedici GP22 saat sesi tes resmi di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia. Ia tak segan-segan mencoba 73 lap menggunakan tunggangannya itu.

Pebalap asal Spanyol itu pun merasa puas dengan performa motor Ducati. Menurutnya, motor pabrikan Italia itu sangat cocok dengan gaya berkendaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com