Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Pakai Mobil, Persiapkan Ini Agar Terhindar dari Kecelakaan

Kompas.com - 18/12/2022, 13:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Bagi Anda yang ingin bepergian selama liburan, sebaiknya sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin baik dari segi material, transportasi, serta mental.

Terlebih lagi bila Anda berencana berlibur dengan alat transportasi pribadi, pastikan mobil dalam keadaan prima sebelum bepergian. Agar, selama perjalanan aman tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena masalah mobil.

Selain mobil, Anda juga perlu mewaspadai hal-hal yang sering membuat terjadinya kecelakaan, khususnya di jalan Tol yang nantinya pasti akan dipadati oleh pengendara lain yang juga ingin berliburan.

Baca juga: Besok, Jasa Marga Operasikan Gerbang Tol Cimanggis Baru

Ilustrasi jalan tol.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Ilustrasi jalan tol.

Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Achmad Wildan, menghimbau agar masyarakat mempersiapkan diri dengan matang bila hendak melakukan perjalanan darat menggunakan mobil pribadi selama libur Nataru.

“Demi mengurangi terjadinya kecelakaan di jalan Tol, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bekerja sama dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru kali ini,” ucap Wildan kepada Kompas.com, Minggu (18/12/2022).

Dia mengatakan angka kecelakaan yang terjadi di jalan tol cukup tinggi maka dari itu diperlukan sinergi dari berbagai pihak.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Saat Nataru, Jasa Marga Siapkan Tol Fungsional

Konsisi lalu lintas di tol MBZ arah Karawang menuju Jakarta pada Jumat (16/12/2022).KOMPAS.COM/FARIDA Konsisi lalu lintas di tol MBZ arah Karawang menuju Jakarta pada Jumat (16/12/2022).

“Pertama, agar benar-benar dipersiapkan tempat istirahat bagi pengemudi karena kecelakaan di jalan tol sebagian besar didominasi oleh faktor lelah,” ucap Wildan.

Dia mengatakan dengan tempat istirahat yang memadai, diharapkan pengemudi bisa nyaman untuk beristirahat untuk menghilangkan lelah.

“Perlu diingat juga agar selalu memeriksa tekanan angin ban, karena kecelakaan pecah ban selalu diawali dengan tekanan angin ban yang kurang,” ucap Wildan.

Baca juga: Catat, Truk Angkutan Barang Dilarang Lewat Tol Saat Nataru

Proyek pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A Kukusan-Krukut, Sabtu (10/12/2022). Ruas tol ini akan digunakan secara fungsional jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mendatang.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Proyek pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A Kukusan-Krukut, Sabtu (10/12/2022). Ruas tol ini akan digunakan secara fungsional jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mendatang.

Dia mengatakan dengan ban yang kempis maka kemampuan ban dalam menopang mobil tidak optimal, bahkan bisa membuat ban cepat rusak atau pecah.

“Selain itu, pengemudi diharapkan bisa mengendalikan kecepatan laju kendaraan bila hujan turun atau sesudah hujan untuk menghindari aquaplaning,” ucap Wildan.

Seperti yang diketahui, aquaplaning kerap menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan tol ketika musim hujan.

Baca juga: Daftar Jalan Tol yang Dibebaskan dari Angkutan Barang Selama Nataru

“Selain itu, perlu diperhatikan agar pengemudi tidak melebihi kecepatan maksimal dalam memacu kendaraan di jalan tol, karena hal itu berbahaya,” tutup Wildan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com