Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kemacetan Saat Nataru, Jasa Marga Siapkan Tol Fungsional

Kompas.com - 16/12/2022, 16:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka mengantisipasi kepadatan arus kendaraan saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), tepatnya bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dari arah Bandung ke Jakarta.

Jasa Marga akan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II atau Japek Selatan untuk bisa digunakan pada saat arus balik Nataru.

Untuk diketahui, ruas jalan Tol Japek Selatan yang bakal dibuka adalah segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 Km.

Baca juga: Hajar Bahu Jalan dan Arogan, Cerminan Ulah Anggota Klub Abal-abal

Tol Japek II SelatanDok. Jasa Marga Tol Japek II Selatan

“Kami juga akan memfungsikan penambahan satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta (dari tiga lajur menjadi empat lajur) mulai Km 50 s.d Km 67 sepanjang 16,3 Km,” ujar Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita, dalam keterangan tertulis (15/12/2022).

“Selain itu, serta mempersiapkan pengoperasian fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Sadang s.d Kutanegara) sepanjang 8,5 Km,” kata dia.

Berfungsinya Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan alternatif untuk kendaraan kecil golongan 1 non bus pada arus balik, terutama apabila terjadi kepadatan di Simpang Susun Dawuan.

Baca juga: Ada Insentif Mobil Listrik Rp 80 Juta, Bisa Picu Letupan Penjualan

Sebagai informasi, Simpang Susun Dawuan merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang.

Namun jalur ini perlu diantisipasi oleh masyarakat karena akan keluar di jalan nasional Karawang, kemudian melanjutkan kembali masuk ke jalan tol melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Barat Km 47.

"Dalam upaya mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas saat periode Nataru 2022/2023, Jasa Marga Bersama dengan Kepolisian dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk memaksimalkan kapasitas jalan tol,” ucap Atika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com