Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Jasa Marga Operasikan Gerbang Tol Cimanggis Baru

Kompas.com - 18/12/2022, 08:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai pengelola ruas Tol Jagorawi, Jasamarga Metropolitan Tollroad, akan mengoperasikan GT Cimanggis 6 mulai Senin, 19 Desember 2022 pukul 00.00 WIB.

Untuk diketahui, GT Cimanggis 6 merupakan titik relokasi transaksi GT Cimanggis 1 untuk pengguna jalan yang menuju Jakarta.

Pada kondisi saat ini, GT Cimanggis 1 mengoperasikan total 5 gardu tol yang melayani transaksi pengguna jalan menuju Jakarta, maupun yang keluar menuju Cimanggis.

Baca juga: Jangan Sepelekan Ritual Panaskan Mesin Skutik pada Pagi Hari

Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Jagorawi di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020). Terpantau terjadi kepadatan kendaraan di Tol Jagorawi menuju arah Jakarta dari KM 13 Cibubur hingga KM 08 Cipayung. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj. Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Jagorawi di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020). Terpantau terjadi kepadatan kendaraan di Tol Jagorawi menuju arah Jakarta dari KM 13 Cibubur hingga KM 08 Cipayung.

Berada pada KM 18+800 Ruas Tol Jagorawi arah Jakarta, GT Cimanggis 6 beroperasi dengan 4 gardu tol, terdiri dari 2 gardu multi golongan dan 2 gardu khusus kendaraan golongan 1.

Dengan dioperasikannya GT Cimanggis 6, pengguna jalan yang menuju Jakarta tidak lagi melakukan transaksi di GT Cimanggis 1, melainkan di GT Cimanggis 6.

Pembangunan dan pengoperasian GT Cimanggis 6 ini merupakan upaya Jasa Marga untuk meningkatkan kapasitas transaksi, mengurangi antrean dan mengurai kepadatan lalu lintas menjelang GT Cimanggis 1.

Baca juga: Harap Sabar, Inden Kijang Innova Zenix Hybrid Tembus 1 Tahun

Ex GT Cimanggis Utama kembali jadi lajur utama Tol Jagorawi. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama Indonesia yang dikelola Jasa Marga. Tarif tol ini cukup terjangkau karena hanya sekitar Rp 7.000 hingga Rp 16.000 saja tergantung jenis kendaraannya.Dok. Jasa Marga Ex GT Cimanggis Utama kembali jadi lajur utama Tol Jagorawi. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama Indonesia yang dikelola Jasa Marga. Tarif tol ini cukup terjangkau karena hanya sekitar Rp 7.000 hingga Rp 16.000 saja tergantung jenis kendaraannya.

“Dengan peningkatan di bidang transaksi ini, lalu lintas di Simpang Susun Cimanggis dapat terdistribusi, ujar Pgs. General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Ginanjar Bekti Rakhmanto, dalam keterangan tertulis (17/12/2022).

“Pengguna jalan menuju Cimangggis akan melakukan transaksi di GT Cimanggis 1 dengan 3 gardu tol dan pengguna jalan menuju Jakarta akan melakukan transaksi di GT CImanggis 6 dengan 4 gardu,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com