Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Saat Main Motocross, Tangan Kiri Quartararo Patah

Kompas.com - 14/12/2022, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo mengalami kecelakaan saat latihan motocross. Akibat kecelakaan tersebut, Juara Dunia MotoGP 2021 itu patah tulang kecil di bagian tangan kiri.

Kecelakaan ini merupakan kecelakaan kedua pada akhir tahun 2022. Sebelumnya, pebalap asal Perancis itu menderita cedera jari akibat kecelakaan latihan di GP Sepang, Malaysia.

“Patah tulang kecil di tangan kiri saya tetapi tidak perlu operasi,” tulis Quartararo dikutip dari akun Instagram pribadi, Rabu (14/12/2022).

Baca juga: Harga Mulai Rp 32 Jutaan, Honda PCX 160 Kini Punya Warna Baru

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Fabio Quartararo (@fabioquartararo20)

 

Quartararo tidak perlu khawatir sebab dia punya cukup waktu untuk memulihkan kondisi fisik sebelum tes pramusim MotoGP dimulai di Sirkuit Sepang Februari mendatang.

Selain Quartararo, mantan pebalap Yamaha, Andrea Dovizioso juga diketahui mengalami kecelakaan saat balapan motocross. Pebalap asal Italia tersebut mematahkan pergelangan tangan kanannya.

"Beberapa jam ketakutan, tapi itu bagian dari permainan, yang penting aku baik-baik saja dan tidak mengalami kerusakan permanen," kata Dovi.

Baca juga: Kena ETLE Mobile, Begini Cara Membayar Denda Tilangnya

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Andrea Dovizioso berjalan saat sesi tes pramusim MotoGP 2022  di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.ANDIKA WAHYU Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Andrea Dovizioso berjalan saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.

“Sekarang saya istirahat sebentar. Sampai jumpa di jalur dalam sebulan untuk kembali ke tujuan 2023,” ujar Dovi.

Seperti diketahui, setelah musim balap berakhir, ada jeda waktu beberapa bulan hingga musim balap dimulai kembali. Selama jeda waktu tersebut, banyak pebalap yang menggunakannya untuk latihan.

Banyak latihan yang bisa dilakukan oleh pebalap MotoGP. Tapi, di antara sekian banyak itu, latihan dengan motor motocross menjadi salah satu yang banyak dilakukan.

Baca juga: Pantau E-TLE, Kapolda Metro Jaya Minta Pelat RF Ditindak

Kejurnas motocross yang dilaksanakan di Sirkuit Jotosanur, Lamongan, Jawa Timur. *** Local Caption *** Kejurnas motocross yang dilaksanakan di Sirkuit Jotosanur, Lamongan, Jawa Timur.Dok. Pemkab Lamongan Kejurnas motocross yang dilaksanakan di Sirkuit Jotosanur, Lamongan, Jawa Timur. *** Local Caption *** Kejurnas motocross yang dilaksanakan di Sirkuit Jotosanur, Lamongan, Jawa Timur.

Padahal, latihan di atas lintasan motocross, dengan lompatan yang tinggi, tentu sangat berbahaya untuk pebalap. Tak jarang pebalap mengalami cedera akibat latihan dengan motor motocross.

Para pebalap mengakui bahwa berlatih di lintasan motocross itu berbahaya dan penuh resiko. Namun mengakui ada banyak manfaat yang bisa diterapkan di lintasan aspal dari latihan tersebut.

"Metode latihan motocross telah terbukti menyumbangkan banyak sekali dampak positif untuk kami," ujar Marc Marquez, dikutip dari Speedweek.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com