Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Butuh Rp 1,1 Trilun agar Sukses di MotoGP

Kompas.com - 14/12/2022, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


JAKARTA, KOMPAS.com - Terjun di balapan sepeda motor sekelas MotoGP membutuhkan banyak biaya. Sebab, MotoGP menggunakan motor prototipe, yang butuh riset dan pengembangan yang tidak sedikit.

CEO KTM Stefan Pierer mengatakan, dibutuhkan setidaknya 70 juta euro atau setara Rp 1,1 triliun agar bisa sukses di MotoGP. Meski mahal, hasil itu sepadan untuk meningkatkan citra merek ke depan.

Baca juga: Simracer Tanah Air Dominasi HRSC Musim Ketiga

“Jelas Anda membutuhkan anggaran yang besar untuk proyek seperti ini. Kita berbicara tentang 70 juta euro bruto hanya untuk MotoGP," kata Pierer, dikutip dari Crash.net, Rabu (14/12/2022).

KTM RC16 saat sesi tes di ValenciaDok. Crash.net KTM RC16 saat sesi tes di Valencia

“Kalau mau coba naik podium, angkanya begini. Moto2 sebenarnya adalah kelas termurah, juga karena mesin produksi dan Moto3 jauh dari kelas premier," ungkap dia.

Pierer mengatakan, sebetulnya bisa saja angka tersebut ditekan tapi pasti hasilnya tidak akan maksimal. Sedangkan tujuan mengikuti ajang balap ialah menang.

"Kami tidak pernah memakai prinsip Olimpiade yang mengklaim bahwa yang terpenting adalah berpartisipasi. Jika kami ambil bagian dalam kejuaraan, kami ingin naik podium," kata dia.

Baca juga: Ekspor Motor November 2022 Melandai, Catat 52.361 Unit

Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder menjelang dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder menjelang dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).

“Kami selalu mengatakan akan bersabar di MotoGP karena butuh tujuh atau delapan tahun untuk memenangkan Dakar dan juga American Supercross," ujar Pierer.

“Kami telah menunjukkan bahwa kami menganggap serius MotoGP dan berencana untuk jangka panjang di kelas utama juga menang bersama tim Tech3 sebagai tim pelanggan mulai 2019 dan memperpanjang kontrak dengan Dorna hingga akhir 2026,” ungkap dia.

Tentu saja KTM tidak sendirian menanggung biaya besar tersebut. Tim memiliki sponsor untuk membantu finansial, yaitu Red Bull.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com