Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Konsumsi Bahan Bakar Peugeot 2008, Tembus 10,5 Kpl

Kompas.com - 09/12/2022, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peugeot 2008 menjadi salah satu jagoan Peugeot di segmen sport utility vehicle (SUV) kompak. Apalagi mobil ini sudah dibekali dengan desain yang modern dengan berbagai fitur canggih di kelasnya.

Secara spesifik, Peugeot 2008 dibekali dengan mesin 1.200 cc Turbo Puretech, yang mampu menghasilkan tenaga 130 dk dan torsi 230 Nm. Performa tersebut disalurkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Baca juga: Lewati Medan Offroad, YWA Berikan Donasi Pendidikan di Lebak Banten

Redaksi pun diberi kesempatan untuk mengetes Peugeot 2008 selama beberapa hari. Pengujian termasuk menghitung berapa konsumsi bahan bakar dari SUV asal pabrikan Prancis yang dibanderol dengan harga Rp 505 juta ini.

Untuk konsumsi bahan bakar yang diukur, meliputi rute dalam kota. Perhitungan menggunakan MID yang ada di instrument cluster dan diisi dengan bahan bakar RON 92.

Catatan hasil konsumsi BBM Peugeot 2008Kompas.com/Nanda Catatan hasil konsumsi BBM Peugeot 2008

Hasil konsumsi bahan bakar dalam kota, Peugeot 2008 mendapatkan angka 10,5 Kilometer per liter (Kpl). Hasil ini didapat dengan mobil melaju di daerah perkotaan sejauh 61 Km dengan rata-rata kecepatan atau average speed 16 Kpj.

Kondisi jalan yang dilalui didominasi oleh macetnya jalan Ibu Kota pada jam pulang kerja, dengan rute dari Jakarta Barat ke Selatan, lalu lanjut ke Jakarta Timur.

Baca juga: LSUV Bekas Rp 280 Jutaan, Terios-Rush Banyak Jadi Incaran di Semarang

Bisa dibilang, hasil konsumsi BBM tersebut cukup irit. Salah satu hal yang membuat mobil ini hemat bahan bakar bisa jadi karena kapasitas mesin yang tidak terlalu besar yakni hanya 1.200 cc.

Namun tentu saja angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Mengingat banyak faktor yang memengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, mulai dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com