Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interval Pembersihan Saringan Udara Pendingin Baterai Mobil Hybrid

Kompas.com - 16/11/2022, 12:49 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil hybrid perlu dirawat dengan baik agar terhindar dari kendala yang tidak diinginkan. Salah satunya dengan rutin membersihkan saringan udara pendingin baterai.

Baterai pada mobil hybrid membutuhkan pendinginan agar tidak terlalu panas saat bekerja. Saat ini yang banyak dijumpai adalah pendinginan udara yang mengandalkan motor blower.

Lantas, berapa interval pembersihan saringan udara pendingin baterai pada mobil hybrid?

Baca juga: Boleh atau Tidak Mencuci Area Mesin Mobil Hybrid?

Teknologi hybrid pada Wuling Almaz HybridDok. Wuling Teknologi hybrid pada Wuling Almaz Hybrid

Kepala Bengkel Nasmoco Klaten Bitok Kasdik, mengatakan pembersihan saringan udara pendingin baterai pada mobil hybrid perlu dilakukan secara rutin.

“Memeriksa saringan udara pendingin baterai pada mobil hybrid perlu dilakukan setiap 10.000 Km atau 6 bulan, pemeriksaan dilakukan sembari membersihkan dari debu kotoran yang menempel,” ucap Bitok kepada Kompas.com, Selasa (15/11/2022).

Dia mengatakan yang terpenting dalam pembersihan saringan udara pendingin tersebut adalah memastikan udara dapat bersirkulasi dengan baik.

Baca juga: Ketahui Risiko Mobil Hybrid Menerjang Banjir

Mesin Wuling Almaz HybridKompas.com/Adityo Mesin Wuling Almaz Hybrid

“Jika saringan tersebut terlalu kotor bisa juga dilakukan penggantian, karena komponen ini sangat penting untuk menjaga sirkulasi udara pada baterai hybrid, jika sampai tersumbat nanti akan berakibat fatal,” ucap Bitok.

Dia mengatakan masalah pada saringan udara pendingin baterai ini bisa menyebabkan kendala yang serius.

“Kinerja baterai hybrid bisa menurun, biasanya juga akan dibarengi dengan munculnya peringatan pada layar informasi,” ucap Bitok.

Baca juga: Begini Cara Merawat Baterai Mobil Hybrid

All New Lexus RX HEV berteknologi hybrid dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO All New Lexus RX HEV berteknologi hybrid dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Dia mengatakan bila hal itu terjadi, sebaiknya pemilik kendaraan segera membawa mobil hybrid ke bengkel resmi agar mendapatkan penanganan tepat dengan segera.

Jadi, tidak perlu menunggu tanda peringatan muncul, sebaiknya saringan udara pendingin baterai ini diperiksa dan dibersihkan setiap 10.000 Km atau 6 bulan sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com