Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur New Honda Vario 125 dan Yamaha Fazzio Hybrid

Kompas.com - 15/11/2022, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik entry level kelas 110-125cc merupakan segmen paling gemuk di Indonesia. Karena itu hampir semua pabrikan terjun dan punya jagoan masing-masing di kelas ini.

Untuk kelas 125cc ada pendatang baru yaitu New Honda Vario 125 model 2022. Skutik andalan Honda yang sudah berusia satu dekade setelah diperkenalkan pertama kali pada 2012.

Baca juga: Tes Konsumsi BBM New Honda Vario 125 dan Yamaha Fazzio Hybrid

Di sisi lain ada Yamaha Fazzio Hybrid Connected yang menggebrak pasar. Merupakan sebagai motor hibrida pertama di kelasnya yang mengaspal di Indonesia.

Yamaha Fazzio di IMOS 2022 Yamaha Fazzio di IMOS 2022

Sebelumnya Kompas.com sudah membandingkan tingkat konsumsi bahan bakar keduanya. Kini Kompas.com akan membahas soal fitur.

Fitur punya pengaruh kuat dalam sebuah produk terutama sepeda motor. Konsumen biasanya membandingkan harga dengan fitur yang didapat. Terutama fitur motor satu dengan lainnya.

Fitur yang dimaksud bisa fitur untuk memudahkan pengendaraan alias kenyamanan, keselamatan, atau yang sifatnya teknis agar performa atau konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Kemenhub Targetkan Insentif Kendaraan Listrik Selesai pada 2023

New Honda Vario 125KOMPAS.com/Adityo New Honda Vario 125

Fitur New Honda Vario 125 ialah lampu depan belakang sudah LED. Panel instrumen digital, membuat pengendara mudah melihat informasi mengenai motor.

Motor dibekali keylesa alias Smart Key System untuk tipe ISS. Kemudian terdapat USB charger type A dengan daya maksimum 5V, 2,1A pada console box sebelah kiri lengkap dengan penutup.

Ukuran ban yang lebih lebar, depan 90/80 dan belakang 100/80 dengan pelek baru berdesain sporty. Ban lebih lebar membuat pengendalian semakin nyaman dan lincah untuk dikendarai sehari-hari.

New Vario 125 masih dibekali seperti mesin di model sebelumnya, yaitu mesin 125cc eSP. Efisisensi BBM diklaim paling irit di kelasnya yaitu 51,7 Km per liter dengan metode WMTC.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun Fazzio Masih Inden, Ini Kata Yamaha

Yamaha Fazzio Hybrid modifikasi di Indonesia International Motor Show 2022. KOMPAS.com/Gilang Yamaha Fazzio Hybrid modifikasi di Indonesia International Motor Show 2022.

Sedangkan Yamaha Fazzio Hybrid dilengkapi dengan lampu LED, klaster instrumen digital dengan layar model negative display. Sisi keamanan menggunakan smart key alias keyless, dan double hook carabiner.

Kemudian, motor juga dilengkapi Yamaha Motorcycle Connect yang dapat terkoneksi ke ponsel lewat aplikasi Y-Connect. Fitur ini sebelumnya dipakai di All New Aerox dan All New Nmax dan R15 Connected.

Lewat Y-connect pengendara dapat update notifikasi telepon dan pesan, lokasi parkir, rekomendasi perawatan (Engine Oil dan Battery /Accu), konsumsi bahan bakar, dan notifikasi malfunction.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com