Kompas.com - 16/11/2022, 11:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Menjaga mobil agar tetap bersih memang suatu keharusan. Termasuk mobil hybrid, agar mobil selalu enak dipandang maka mobil harus dicuci bila kotor.

Tidak hanya pada bagian eksterior dan interior, ruang mesin juga memerlukan perawatan agar selalu bersih dan terhindar dari serangan tikus.

Hanya saja, mobil hybrid memiliki komponen elektrik yang lebih kompleks, lantas apa boleh mencuci ruang mesin?

Baca juga: Begini Cara Merawat Baterai Mobil Hybrid

Mesin Perodua Ativa Hybrid alias Rocky Hybrid di MalaysiaPAULTAN.org Mesin Perodua Ativa Hybrid alias Rocky Hybrid di Malaysia

Kepala Bengkel Nasmoco Klaten Bitok Kasdik, mengatakan tidak boleh mencuci area mesin hybrid dengan air, karena itu bisa merusak komponen di mesin.

“Jangan mencuci area mesin dengan air, jika mencuci kendaraan hybrid di area mesin sembarangan maka bisa merusak komponen kelistrikan, bisa menyebabkan korosi atau pun korsleting,” ucap Bitok kepada Kompas.com, Selasa (15/11/2022).

Dia mengatakan menjaga kebersihan di area mesin memang tidak dilarang, bahkan harus. Tapi, bila cara yang dilakukan salah malah bisa berakibat fatal.

Baca juga: Fatal Mengabaikan Sistem Pendingin Mesin pada Mobil Hybrid

Mesin Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022

“Jangan pernah mencuci area mesin hybrid dengan air yang bertekanan tinggi, apabila ingin membersihkan area mesin cukup dilap saja, air bertekanan cenderung membuat komponen elektronik rusak,” ucap Bitok.

Dia mengatakan bila memang harus membersihkan area mesin, sebaiknya meminta bantuan kepada tenaga profesional untuk pembersihannya.

“Jika sangat kotor di area mesin bisa dibawa ke dealer terdekat biar ditangani oleh yang sudah professional, karena hampir semua bengkel resmi Toyota menyediakan mekanik yang sudah tersertifikasi dalam menangani mobil hybrid,” ucap Bitok.

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Meluncur 21 November 2022

Jadi, membersihkan area mesin mobil hybrid tidak boleh sembarangan, apalagi mencuci area mesin dengan air bertekanan. Hal itu bisa memicu terjadinya korosi hingga korsleting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.