Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Nataru, Kemenhub Cek Kesiapan Terminal dan Jalur Mudik

Kompas.com - 17/10/2022, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Transportasi darat diprediksi masih menjadi moda transportasi yang diminati masyarakat saat libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru).

Persiapan dilakukan mulai dari pengecekan kesiapan prasarana transportasi darat, salah satunya terminal bus Tipe A di beberapa daerah, hingga jalur mudik.

Seperti Terminal Tipe A Harjamukti Cirebon, Terminal Tipe A Tegal, Terminal Tipe A Bulupitu Purwokerto, dan Terminal Tipe A Bobotsari Purbalingga.

Baca juga: Mirip Revo Koperasi, Bebek Baru Honda Pakai Roda Ukuran Belang

Terminal bus yang dikelola BPTJDOK. BPTJ Terminal bus yang dikelola BPTJ

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno, mengatakan, keempat terminal tersebut merupakan simpul transportasi yang berpotensi mengalami lonjakan penumpang pada saat periode libur panjang akhir tahun.

"Dari hasil tinjauan di Terminal Harjamukti hari ini saya mengimbau untuk masyarakat fasilitas terminal yang sudah disiapkan oleh pemerintah dan gunakan angkutan umum apabila ingin ke kota-kota lain,” ujar Hendro, dalam keterangan tertulis (16/10/2022).

“Sedangkan untuk perusahaan bus saya mengimbau kesiapan bus dan driver-nya menjelang nataru tahun ini," kata dia.

Baca juga: Marc Marquez Akhirnya Naik Podium, Cetak Podium ke-100 di MotoGP

Hendro juga mengingatkan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) beserta Polri dan TNI untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan masyarakat yang akan melaksanakan liburan pada beberapa titik.

Selain itu, dia mengharapkan adanya pos terpadu yang diisi oleh berbagai instansi pada saat periode libur Natal dan tahun baru.

Berdasarkan data Ditlantas Polda Jawa Barat, terdapat beberapa titik rawan kemacetan yang menjadi perhatian Kemenhub, sehingga bisa dilakukan pendampingan pengamanan maupun arus kendaraan dengan pihak kepolisian.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Kijang Innova Hybrid, Mulai Rp 455 Jutaan

Situasi arus balik pemudik saat kendaraan melintas di Jalur Pantura Indramayu, Kamis (5/5/2022) sore. 

Tribun Cirebon/ Handhika Rahman Situasi arus balik pemudik saat kendaraan melintas di Jalur Pantura Indramayu, Kamis (5/5/2022) sore.

Sementara itu, Jalur Pantura disebut masih merupakan salah satu jalur alternatif yang menjadi idaman masyarakat untuk melakukan perjalanan.

Oleh sebab itu, UPPKB Losarang dan UPPKB Balonggandu akan disulap menjadi rest area untuk para pemudik melakukan istirahat.

Sebagai informasi, puncak arus mudik periode libur Nataru diprediksi terjadi sebelum Natal 25 Desember.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022, Quartararo Crash, Bagnaia Rebut Puncak Klasemen

Kawasan lingkar Nagrek di Garut, Jawa Barat. KOMPAS.com / DANI PRABOWO Kawasan lingkar Nagrek di Garut, Jawa Barat.

Kepala BPTD Wilayah IX Jawa Barat Denny Michels, mengatakan, pengendalian arus kendaraan bisa dilaksanakan dengan melakukan pembatasan waktu atau rekayasa lalu lintas.

Saat ini beberapa titik yang menjadi sorotan kemacetan yaitu Nagrek, Limbangan, dan Malambong.

"Prediksi Nataru akan melonjak pada saat long weekend hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Begitupun arus balik diprediksi akan tersebar pada 26-27 Desember 2022," ujar Denny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com