Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobilitas Nataru Lancar, Skema Serupa Bakal Diterapkan Saat Lebaran

Kompas.com - 05/01/2022, 07:12 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Lalu lintas kendaraan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diklaim lancar. Meskipun terjadi peningkatan mobilitas masyarakat, penanganan pergerakan transportasi dapat berjalan dengan lancar, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kelancaran penyelenggaraan transportasi pada masa Libur Nataru ini tidak lepas dari adanya kolaborasi yang baik antar pemangku kepentingan.

Mulai dari kepolisian, TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, operator transportasi, media, masyarakat, dan unsur terkait lainnya.

Baca juga: Siap-siap, Pelat Nomor Kendaraan Bermotor Bakal Dipasang Cip

Petugas kepolisian menerapkan pola rekayasa lalu lintas sistem one way atau satu arah ke bawah Jakarta di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/1/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas kepolisian menerapkan pola rekayasa lalu lintas sistem one way atau satu arah ke bawah Jakarta di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/1/2022).

“Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa kami tetap melayani pergerakan masyarakat di masa libur Nataru, namun dengan pengawasan prokes yang ketat,” ujar Budi, dalam keterangan resmi (4/1/2022).

“Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus Covid-19 usai masa libur Nataru,” kata dia.

Menurut Budi, skema yang sudah berhasil dilakukan di masa libur Nataru, bisa diterapkan juga di masa Angkutan Lebaran mendatang.

Baca juga: New Fortuner 2.800 cc Siap Meluncur, Harga Bekasnya Rp 130 Jutaan

volume lalu lintas kendaraan Libur Natal 2021 di Jalan Tol CipaliPT Lintas Marga Sedaya volume lalu lintas kendaraan Libur Natal 2021 di Jalan Tol Cipali

“Sekalipun pergerakan lebih ramai, namun tetap lancar dan tingkat kecelakaan juga menurun. Ini bisa menjadi pola yang bisa dijalankan kembali di masa Angkutan Lebaran mendatang,” ucap Budi.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Posko Pemantauan, dari tanggal 17 Desember 2021 s.d. 2 Januari 2022 (H-8 s.d. H+8), terjadi peningkatan jumlah penumpang angkutan umum sebesar 10,71 persen jika dibandingkan dengan masa libur Nataru tahun lalu.

Tercatat, jumlah penumpang angkutan umum pada libur Nataru kali ini mencapai 5.871.300 penumpang.

Baca juga: Jakarta PPKM Level 2, Ganjil Genap Tetap Berlaku di 13 Lokasi

Gedung Merdeka di Jalan Asia-Afrika, Bandung.SHUTTERSTOCK/ARDIWEBS Gedung Merdeka di Jalan Asia-Afrika, Bandung.

Sementara itu, jumlah kendaraan Golongan I yang keluar masuk Jabodetabek, di 4 gerbang tol utama (GT. Cikupa, GT. Cikampek Utama, GT. Kalihurip Utama dan GT. Ciawi) mengalami peningkatan 17,5 persen.

Dari 3,47 juta kendaraan pada Nataru tahun lalu, menjadi 4,11 juta kendaraan pada Nataru kali ini.

Sedangkan untuk kendaraan Golongan II – V (angkutan barang) mengalami peningkatan 27,7 persen, dari 755.000 kendaraan pada Nataru tahun lalu, menjadi 964.000 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com