Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Akhirnya Naik Podium, Cetak Podium ke-100 di MotoGP

Kompas.com - 16/10/2022, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari membahagiakan buat Marc Marquez setelah berhasil meraih podium kedua di GP Australia 2022. Meski tidak juara, raihan ini merupakan sinyal kembalinya Baby Alien sebagai pebalap top MotoGP.

Podium kedua di Sirkuit Phillip Island merupakan hasil terbaiknya sepanjang musim 2022. Ini merupakan podium pertama pebalap Repsol Honda tersebut setelah sempat absen karena menjalani operasi lengan keempat.

Ini adalah raihan podium ke-100 buat Marquez.  Hasil itu diraih dari 152 kali balapan, dengan 59 kemenangan, 100 kali naik podium, dengan total perolehan poin sebanyak 2.521 poin sejak debut di MotoGP pada musim 2013.

Baca juga: Hasil MotoGP Australia, Balapan Penuh Aksi, Rins Juara, Marquez Podium

Usai balapan Marquez cukup emosinal. Dia turun dari motor dan menyapa para fans. Pebalap asal Cervera, Spanyol itu berpelukan, dan berlari-lari kecil, hingga naik boks listrik untuk meluapkan kegembiraan.

 

Seperti diketahui Marquez sempat melewatkan enam balapan musim MotoGP 2022 untuk menjalani operasi untuk keempat kali. Operasinya yang paling serius dilakukan di Amerika Serikat pada Juni agar tidak sakit lagi.

Podium Marquez kali ini juga merupakan kabar baik buat Honda. Sebab sudah jadi rahasia umum bahwa pabrikan Jepang Honda sedang berada dalam masa kelam di ajang MotoGP 2022.

Tak dapat dipungkiri bahwa Honda selama ini sangat bergantung pada Marquez. Bahkan prestasi Honda kini tertinggal jauh dari beberapa pabrikan Eropa di MotoGP, seperti Ducati, Aprilia hingga KTM.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Australia 2022, Balapan Minggu Pagi

Selain hanya mengandalkan Marquez motor pengembangan motor Honda RC213V juga dinilai salah sasaran. Sehingga hal ini membuat para pebalap Honda kesulitan menghadapi kompetitor.

Marc MarquezFoto: Twitter Marc Marquez Marc Marquez

“Banyak komunikasi dan tingkat pekerjaan yang sedikit menurun, meskipun itu bukan alasan karena pada akhirnya Anda berada di kejuaraan dunia dan Anda harus tahu bagaimana beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Jika tidak, kamu akan terkejar,” kata Marquez mengutip Crash.net.

Meski begitu, menurut Marquez Honda telah berusaha keras dan memperbaiki performa-nya untuk meraih gelar kembali di MotoGP 2023.

“Mari kita berharap pada 2023 mereka mengambil langkah besar ke depan, tetapi saya tidak bisa menyalahkan mereka untuk apa pun karena saya melihat bahwa upayanya maksimal, keterlibatannya juga maksimal dan saya bisa merasakan di dalam diri mereka keinginan untuk menang lagi,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com