Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur Eco Indicator pada Mitsubishi Xpander Cross

Kompas.com - 26/09/2022, 14:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan New Mitsubishi Xpander Cross pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, tepatnya 11 Agustus 2022.

Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, mobil ini juga disematkan fitur eco indicator, yaitu Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. Keduanya dapat memandu pengemudi untuk mendapatkan gaya berkendara yang efisien bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Penyempurnaan yang Disematkan Mitsubishi pada New Xpander Cross

Indikator-indikator tersebut terletak pada display panel meter 3 model mobil Mitsubishi, di antaranya adalah Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross, dan Mitsubishi Pajero Sport.

Hal ini sebelumnya dijelaskan oleh pereli sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia Rifat Sungkar.

"Eco Drive Meter dam Eco Drive Assist ada di display panel meter. Sebagai contoh pada mobil Mitsubishi Xpander atau Pajero Sport ada tampilan gambar daun dan tulisan ECO. Jika pengemudi berkendara efisien informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak, tulisan ECO akan hilang," ucap Rifat beberapa waktu lalu.

Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Cross

Tampilannya sederhana, yaitu berbentuk daun dengan informasi ECO tertulis. Saat pengemudi berkendara dengan efisien, indikator ECO tersebut akan terus menyala. Indikator tersebut akan hilang ketika pengemudi tidak berkendara secara efisien. 

Semakin efisien gaya berkendaranya, maka bagian dalam indikator berbentuk daun tersebut akan terisi dengan warna hijau.

Baca juga: Waspada, Ini Perilaku yang Bikin Pendek Usia Transmisi CVT

Jika indikator tersebut berwarna hijau sepenuhnya, artinya gaya berkendara saat itu dipastikan sudah benar-benar efisien.

Gaya berkendara yang efisien dapat menghemat bahan bakar, dengan menggunakan akselerasi yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan. Fitur ini dapat berguna khususnya di tengah kondisi harga bahan bakar yang sedang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com