Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Bintang Timur, Pakai Bodi Jetbus Dream Coach SHD

Kompas.com - 22/09/2022, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Bintang Timur baru saja ambil delapan unit bus baru dari Karoseri Adiputro, Rabu (21/9/2022). Semua bus tadi memakai bodi Jetbus 3+ Dream Coach atau bus selonjoran.

Berbeda dengan Dream Coach lain yang sudah rilis, bus milik PO Bintang Timur memakai basis bodi SHD, bukan MHD. Jadi secara dimensi, Jetbus Dream Coach SHD lebih tinggi daripada MHD.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro, mengatakan, memang ada perbedaan dimensi antara Dream Coach SHD dengan MHD, namun tidak terlalu signifikan di bagian kabin.

Baca juga: Operator Bus Kesulitan Isi Solar padahal Harga Sudah Naik

Kabin bus AKAP PO Bintang TimurDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Bintang Timur

"SHD lebih tinggi dari MHD, kabin lebih lega. Cuma di sleeper kelihatan sama saja," ucap Yohan kepada Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

Selain itu, bus ini juga memakai sasis Mercedes Benz 1836 yang lebih bertenaga. Kemudian, posisi pintu belakang juga dipindah ke tengah, ditambah jumlah bangku sleeper lebih banyak.

"Di kabin ada 24 bangku sleeper dan non toilet," ucap Yohan.

Baca juga: Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Innova Reborn Bensin?


Bus yang beroperasi di Sulawesi memang punya ciri tidak menambah toilet di kabin. Jadi jumlah penumpang yang bisa diangkut jadi lebih banyak dan terhindar bau yang bisa muncul dari toilet.

Kemudian, fasilitas yang ada di kabin sleeper juga cukup standar seperti Dream Coach lain. Sebut saja bangku yang bisa direbah sampai sekitar 150 derajat, fitur pijat, sampai layar AVOD di setiap kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com