Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Mekanik Ikuti Pelatihan di Repsol Mechanic Olympic 2022

Kompas.com - 21/09/2022, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pacific Lubritama Indonesia telah menyelenggarakan Repsol Mechanic Olympic 2022 di Yogyakarta untuk pertama kalinya. Acara ini merupakan pelatihan yang melibatkan 47 mekanik dari bengkel rekanan Repsol Indonesia di area JABODETABEK, Jawa, Bali dan Lombok.

Head of Segment Independent Workshop Repsol Indonesia Izuddin Fitriansyah, mengatakan kontes mekanik pertama ini tidak hanya untuk menambah kemampuan para mekanik tapi juga sebagai wujud Repsol Indonesia dalam membangun ikatan dengan para mekanik.

Acara ini diikuti oleh beberapa mekanik motor dan mobil. Mereka mendapatkan pelatihan teori dari Victor Comez sebagai Head of Product and Development Repsol.

Baca juga: Gabung Repsol Honda, Joan Mir Pasang Target Juara Dunia MotoGP

Pelatihan mekanik dari Repsol IndonesiaRepsol Pelatihan mekanik dari Repsol Indonesia

Selain itu, mereka juga mendapatkan pelatihan secara praktik; untuk mekanik mobil dipimpin oleh Owner PT JPM Automotive Education Centre, Junisra Syam. Sementara mekanik motor dilatih langsung oleh ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, Tri Yuswidjajanto Zaenuri.

Di akhir acara, mereka mengikuti tes secara tertulis untuk menguji tingkat pemahaman mereka. 5 mekanik dengan nilai terbaik mendapatkan hadiah utama dari Repsol Indonesia berupa mechanic toolbox, kulkas, smartphone, smart tv sampai motor matik.

Repsol Indonesia menghadirkan 4 juri antara lain; Victor Gomez, Krisnati Desiana, Junisra Syam dan Tri Yuswidjajanto Zaenuri untuk meningkatkan objektivitas dalam memberikan penilaian.

Baca juga: Resmi, Joan Mir Jadi Pebalap Repsol Honda

Pelatihan mekanik dari Repsol IndonesiaRepsol Pelatihan mekanik dari Repsol Indonesia

“Kami tidak hanya melihat nilai dari hasil post test saja, namun kami juga melihat dari bagaimana masing-masing mekanik dapat memberikan solusi dari masalah yang ada saat sesi practical training” ujar Head of Marketing Repsol Indonesia, Krisnati Desiana sebagai salah satu juri.

“Menurut saya sangat luar biasa karena disini teman-teman mekanik dapat belajar baik secara teori maupun praktik tentang bagaimana mekanisme kerja di kopling, rem, transmisi, serta pemahaman mengenai memilih pelumas tertentu untuk masing-masing motor maupun mobil.” Ungkap Tri Yuswidjajanto Zaenuri selaku juri di Repsol Mechanic Olympic 2022.

Sementara itu, Budi Dharma merupakan mekanik dari Lombok yang berhasil meraih juara pertama setelah mendapatkan nilai tertinggi dari tes tertulis dan praktik.

Baca juga: Rumor Petronas Mau Geser Repsol Jadi Sponsor Utama Honda

Repsol Mechanic Olympic 2022Repsol Indonesia Repsol Mechanic Olympic 2022

Menurutnya acara tersebut yang diselenggarakan oleh Repsol Indonesia tersebut sangat berdampak positif. Banyak mekanik dari daerah yang mendapatkan pengetahuan dan pengalaman mendalam terkait pelumas motor dan mobil.

Melihat sambutan yang positif dari para mekanik, Repsol Indonesia ingin membuat acar tersebut menjadi sebuah agenda yang berkelanjutan dan dapat menjangkau seluruh mekanik yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia.

“Bagi kami program ini tidak hanya untuk Repsol, namun kami berharap para mekanik dapat terus berkembang demi kemajuan otomotif Indonesia,” ucap Krisnati Desiana di akhir acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com