Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalih Usia Jadi Penyebab Repsol Honda Setop Kontrak Pol Espargaro

Kompas.com - 25/08/2022, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang MotoGP Austria akhir pekan lalu, GASGAS Factory Racing Team resmi mengumumkan Pol Espargaro sebagai pebalap baru musim 2023. Ini sekaligus mengakhiri kerja sama Pol bersama tim Repsol Honda yang sudah berjalan selama dua tahun.

Dengan beralihnya Pol ke tim GASGAS, otomatis masih tersisa tempat untuk satu pebalap lagi di Repsol Honda, menemani Marc Marquez yang sudah lebih dulu perpanjang kontrak hingga 2024.

Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig pun menjelaskan, mengapa Honda memilih untuk tidak memperpanjang kontrak dengan adik Aleix Espargaro itu.

Baca juga: Hanya Marquez yang Paham Soal Motor Balap Honda RC213V

Menurutnya, usia seorang pebalap merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan tandem bagi Marc Marquez.

“Pol selalu ingin memperbarui kontrak dengan Honda, tetapi tahun ini kami memberitahu dia bahwa kami akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memutuskan,” ucap Puig, dikutip dari MotoGP, Kamis (25/8/2022).

Pebalap MotoGP Honda, Pol Espargaro saat konferensi pers menjelang dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap MotoGP Honda, Pol Espargaro saat konferensi pers menjelang dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).

“Honda banyak mencari pebalap yang sedikit lebih muda, karena mereka ingin mengembangkan motor dan mereka ingin mencoba menemukan pebalap muda yang bisa bertahan lebih lama di tim, tapi bukan pebalap berusia 30-an," kata dia.

Sebelumnya, rumors kuat menyebutkan bahwa Joan Mir akan menggantikan posisi Pol di Repsol Honda. Terlebih lagi usia Mir saat ini baru menginjak 24 tahun.

Namun, belum ada pengumuman resmi dari Repsol Honda siapa rider yang akan untuk menjadi tandem anyar Marc Marquez.

Baca juga: Suzuki Hayabusa Supercharged, Tenaga Tembus 372 Tk

Kendati demikian, menurut Puig, baik Pol maupun Joan Mir sama-sama cepat saat berada di lintasan. Hanya saja, masalah usia menjadi faktor yang cukup menentukan dalam membuat keputusan.

“Saya sangat setuju bahwa dalam hal kecepatan tidak ada banyak perbedaan (antara Espargaro dan Mir). Mereka berdua sangat kencang dan Pol adalah pembalap yang sangat berani. Namun, saya kira, dalam hal ini masalah usia telah menjadi faktor yang cukup menentukan dalam membuat keputusan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com