Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mobil dan Motor Listrik untuk Pengawalan KTT GT20

Kompas.com - 20/09/2022, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan segera berlangsung di Bali, tepatnya pada 15-16 November 2022.

Setidaknya akan ada beberapa mobil listrik yang siap melayani tamu negara, mulai dari Genesis G80, Hyundai Ioniq 5 hingga Lexus UX300e.

Tak hanya para tamu undangan, petugas Kepolisian yang mengamankan jalannya acara tersebut juga akan menggunakan mobil bertenaga listrik. Sedikitnya Polri sudah menyiapkan 88 mobil listrik dan 94 motor listrik pada pengamanan pengawalan G20 di Bali.

Baca juga: Kendaraan Listrik Harus Berisik, Ini Regulasinya

Sebelumnya Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, untuk kendaraan yang digunakan pihak kepolisian adalah Hyundai Ioniq 4 dan dua jenis sepeda motor.

“Untuk kendaraan (roda empat) kalau tidak salah Hyundai Ioniq yang ada ekornya sedikit. Kalau untuk roda duanya ada dua jenis yang masuk ke kita,” ucap Firman saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Kendaraan kepolisian untuk pengawalan KTT G20Youtube NTMC Polri Kendaraan kepolisian untuk pengawalan KTT G20

Sementara itu, dilihat dari video Youtube NTMC Polri, tampak beberapa kendaraan listrik yang digunakan pihak kepolsiain untuk pelatihan mengendarai kendaraan listrik.

Kendaraan listrik tersebut sudah dilengkapi livery berwarna biru dan putih khas kendaraan dinas polisi lalu lintas.

Adapun mobil yang digunakan adalah Hyundai Ioniq EV. Mobil bergenre sedan ini dibekali dengan baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 38.3 kWh.

Hyundai Ioniq EV memiliki jarak tempuh hingga 373 Km (berdasarkan NEDC) dan 311 Km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya.

Mobil ini dapat melakukan pengisian daya penuh dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Ikut Mendesain Mobil Jenazahnya

Sementara untuk performanya, diklaim cuma membutuhkan waktu 10,2 detik saat berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam (kpj).

Sedangkan untuk motor yang akan digunakan adalah Zero DSR. Di atas kertas, motor listrik ini dibekali motor elektrik Z-Force 75-7R air-cooled. Sekali ngecas motor listrik ini bisa menjangkau jarak 262 km sampai 328 km.

Motor ini memiliki tenaga hingga 70 tk pada 3.500 rpm dengan torsi maksimal 157 Nm. Sementara untuk kecepatan tertinggi, motor ini bisa mencapai 163 kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com