Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subaru Crosstrek Resmi Meluncur, Tinggalkan Nama XV

Kompas.com - 16/09/2022, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Subaru XV terbaru yang sekarang beredar di pasaran merupakan generasi kedua. Untuk generasi ketiga, Subaru melepas nama XV dan menggantinya dengan Crosstrek.

Dikutip dari Autoexpress.co.uk, Jumat (16/9/2022), tampilannya berubah cukup signifikan dari XV generasi kedua. Eksteriornya masih sedikit terlihat kemiripan dengan XV, tapi banyak juga bagian yang berubah.

Baca juga: Subaru Bikin Anime untuk Promosikan BRZ STI

Khususnya pada bagian depan, Crosstrek memiliki lampu depan yang lebih sipit, grille lebih besar, dan bumper yang didesain ulang, serta lampu kabut yang baru.

Subaru CrosstrekDok. Autoexpress.co.uk Subaru Crosstrek

Bagian side body moulding tetap dipertahankan, bahkan di area ban dibuat lebih lebar. Sisanya, masih tetap menggunakan warna hitam agar terlihat kontras dan sporty.

Pada bagian belakang, desain lampunya juga ikut berubah. Kali ini, terlihat seperti lampu belakang Outback, tapi sedikit lebih besar.

Baca juga: Adu Performa Subaru XV dengan Honda HR-V RS, Mana Lebih Bertenaga?

Bagian interior juga mengalami perubahan yang cukup banyak. Dasbornya sekarang dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 11,6 inci. Ukurannya cukup besar dan dibuat memanjang ke bawah atau portrait.

Subaru CrosstrekDok. Autoexpress.co.uk Subaru Crosstrek

Tapi, pada panel meternya, Subaru masih mempertahankan tampilan analog untuk speedometer dan tachometer. Ubahan lainnya dapat terlihat pada kisi-kisi AC, gagang pintu, hingga konsol tengah.

Terkait dapur pacunya, Crosstrek dibekali dengan mesin hybrid e-Boxer, 2.0 L, yang dipadukan dengan sistem transmisi CVT. Sayangnya, belum ada kepastian berapa tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut.

Sedangkan untuk sistem penggerak rodanya, tetap menggunakan all-wheel-drive (AWD) sebagai standar.

Subaru CrosstrekDok. Autoexpress.co.uk Subaru Crosstrek

Soal fitur keselamatan dan lainnya, Subaru diyakini tetap menyematkan teknologi EyeSight. Selain itu, terdapat pula kamera 360 derajat, LED cornering lights, dan kamera wide angle.

Sayangnya, Subaru Crosstrek baru diluncurkan di Jepang. Untuk pemasaran di wilayah lain, kemungkinan besar baru akan terjadi pada 2023. Harganya pun belum dirilis.

Untuk Indonesia, PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) malah belum lama ini meluncurkan Subaru XV generasi kedua di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. SUV ini ada dua tipe, yakni tipe S dengan harga Rp 449,5 juta (OTR Jakarta) dan EyeSight seharga Rp 499,5 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com