Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Honda Benly e: Motor Listrik buat Antar Paket

Kompas.com - 13/09/2022, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring dengan perkembangan bisnis yang semakin sadar akan pentingnya lingkungan, Honda menyiapkan model sepeda motor listrik untuk bisnis.

Terlebih, motor listrik niaga diklaim tengah mengalami peningkatan permintaan dalam beberapa tahun terakhir.

Yoshishige Nomura, Managing Officer Honda Motor Co., Ltd. (HMC), mengatakan, pihaknya telah menawarkan model seri Honda e: Business Bike. Motor listrik niaga ini di antaranya adalah Benly e:, Gyro e:, dan Gyro Canopy e:.

Baca juga: Apa Benar Mengisi BBM di Malam Hari Dapat Takaran Lebih Banyak?

Ilustrasi motor listrik Honda Benly e:Dok. Honda Motor Ilustrasi motor listrik Honda Benly e:

“Model seri Honda e: Business Bike ini dilengkapi dengan baterai swap dari Honda Mobile Power Pack (MPP), yang mana sangat cocok untuk kebutuhan bisnis seperti pengantaran paket kecil,” ujar Nomura, dalam siaran Youtube Honda Global (13/9/2022).

“Sekaligus menyelesaikan permasalahan jarak tempuh dan waktu pengisian daya, yang merupakan tantangan utama yang perlu diselesaikan untuk dapat mewujudkan perluasan penggunaan sepeda motor listrik,” kata dia.

Menurutnya, Honda e: Business Bike telah dipakai perusahaan Japan Post dan juga Vietnam Post Corporation untuk pengiriman surat.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal supaya Hemat Bahan Bakar?

Honda saat ini juga sedang melakukan percobaan kerjasama dengan Thailand Post Company Limited, dan berencana untuk mulai memproduksi serta menjual Benly e: di Thailand dalam waktu dekat.

Untuk diketahui, Benly e: pertama kali muncul pada Tokyo Motor Show 2019. Setelah itu, motor listrik ini segera melakukan debut di China, dan menjadi sangat populer karena mengubah mobilitas orang untuk bepergian dan mengangkut barang-barang kecil.

Honda akhirnya memutuskan untuk menguji dan mengembangkan motor listrik di India, lalu diikuti oleh Thailand. Ke depan, pabrikan asal Jepang juga bakal mempercepat peluncuran global untuk motor listrik niaga ini.

Baca juga: Mobil Listrik Tidak Sepenuhnya Ramah Lingkungan

Ilustrasi motor listrik Honda Benly e:Dok. Honda Motor Ilustrasi motor listrik Honda Benly e:

Sebagai informasi, Benly e: memiliki dua pilihan powertrain, mulai dari Benly e: I dan I pro. Keduanya dilengkapi dengan motor listrik 2,8 kW atau setara 3,7 tk dan torsi maksimum 12 Nm, serta daya jangkau baterai sejauh 87 km pada kecepatan 30 kpj.

Sementara itu, Benly e: II dan II pro sport mengusung motor listrik 4,2 kW atau setara 5,6 tk dan torsi maksimum 15 Nm.

Model ini memiliki jangkauan 43 km dalam sekali pengisian daya, saat diuji pada kecepatan minimal 60 kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com