Mobil Bekas Km Rendah Punya Nilai Tawar Tinggi

Kompas.com - 06/09/2022, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil bekas hingga saat ini tidak pernah sepi peminat. Bahkan kini ada ragam pilihan metode untuk membeli mobil bekas.

Mulai dari membeli dan memilih secara langsung atau secara online bisa jadi alternatif dalam mencari mobil bekas.

Namun membeli mobil bekas hingga kini masih menjadi dilema bagi banyak orang terutama bagi yang awam. Tidak jarang penjual mobil bekas menggunakan istilah yang sulit dimengerti sebagai siasat marketing.

Baca juga: Menhub Sebut Kenaikan Harga BBM Bersubsidi Tak Signifikan ke Transportasi Umum

Bahkan dengan beberapa istilah tersebut membuat calon pembeli terpikat untuk membeli mobil bekas yang ditawarkan. Salah satu istilah yang sering disebut ialah mobil bekas dengan low KM.


“Low KM mengacu pada angka pada odometer yang penggunaannya di bawah normal. Angka tersebut tergantung jenis mobil nya,” kata Bayu, salah satu staf dari diler mobil bekas Mobil88 kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Bayu menjelaskan jika angka odometer dari tiap jenis berbeda satu sama lain. Untuk mobil LMPV kategori Low KM artinya penggunaan di bawah 20.000-25.000 km per tahun.

Makin mahal harga mobil tersebut maka batasan odometer normal akan lebih rendah. Hal tersebut lantaran jika jarak tempuh masih sedikit komponen mesin dianggap masih memiliki kondisi yang baik atau belum aus.

Bursa Mobil Bekas Telomoyo (BMB) Bursa Mobil Bekas Telomoyo (BMB) Bursa Mobil Bekas Telomoyo (BMB)

Maka dari itu mobil mobil bekas dengan low KM kerap dijual dengan harga tinggi. Namun, sebaiknya jangan langsung terpikat untuk membeli mobil bekas hanya dengan istilah marketing dari penjual. Calon pembeli harus tetap memeriksa fisik dan surat-surat dari kendaraan.

Baca juga: Ada Aksi Demo, Hindari Kawasan Patung Kuda dan Gedung DPR

“Tidak semua orang saat membeli mobil bekas melakukan cek keabsahan dan keaslian dokumen. Kalau di mobil88 sendiri,pengecekan dokumen tersebut merupakan hal yang wajib kami lakukan,” kata Bayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.