Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Remap ECU Mobil

Kompas.com - 03/09/2022, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Remap ECU pada mobil bisa dibilang ritual yang cukup menegangkan. Pasalnya, proses tersebut melibatkan komponen yang merupakan organ vital pada mesin-mesin modern.

Remap ECU juga dikabarkan memiliki risiko gagal dalam pentransferan data. Perangkat komputer yang digunakan untuk me-remap harus benar-benar prima, power tersambung dengan listrik dan lain sebagainya.

Sehingga, sebelum melakukan remap ECU ada hal-hal yang wajib dipersiapkan. Apa saja itu?

Baca juga: Tarikan Mesin Berat, Pilih Remap ECU atau Memaksimalkan Standar?

Proses remap ECUinstagram.com/elikaautomotive Proses remap ECU

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan Datsun Hardi Wibowo, mengatakan sebelum melakukan proses remap ada persiapan wajib mulai dari persiapan alat, prosedur yang benar, begitu juga persiapan mobilnya itu sendiri.

Sebelum melakukan remap ECU, tentu perlu dipastikan terlebih dulu performa mesinnya, selain sebagai pembeda sebelum dan sesudah proses, performa mesin yang baik dibutuhkan karena pada dasarnya remap ECU hanya melakukan ubahan data perangkat lunak,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (1/9/2022).

Dia mengatakan ketika kondisi mesin masih kurang prima, seperti ada mekanisme yang bermasalah itu justru bisa menambah parah kerusakan mekanismenya.

Baca juga: Siapkan Dana Segini untuk Remap ECU Mobil

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. Kompas.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

“Misal kompresi mesin kurang karena masalah ring piston, itu remap ECU tidak akan optimal, bahkan ring piston bisa mengalami kerusakan yang lebih parah, jika begitu remap ECU terkesan malah bisa mendatangkan masalah,” ucap Hardi.

Dia mengatakan persiapan alat dan tempat juga diperlukan, karena proses remap ECU butuh perangkat komputer yang sehat, waktu, dan tempat yang bebas dari goyangan.

“Pernah, gagal transfer tuh, entah karena komputernya yang bermasalah, ada getaran atau apa, itu prosesnya benar-benar tidak berhasil, akhirnya ECU tersebut memerlukan penanganan khusus,” ucap Hardi.

Baca juga: Ketahui Keunggulan Remap ECU pada Mobil

Memantau putaran mesin lewat tachometerKompas.com/Erwin Setiawan Memantau putaran mesin lewat tachometer

Dia juga mengtakan proses remap ECU membutuhkan prosedur yang benar, sehingga tidak terjadi kegagalan dalam proses remap.

Jadi, sebelum melakukan remap ECU memang perlu dipersiapkan dengan matang. Mulai dari mobil yang bersangkutan, alat remap, file yang ingin ditransfer ke ECU, dan tempat yang aman. Setlah itu, baru bisa dilakukan proses remap ECU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com