Kompas.com - 03/09/2022, 12:02 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Ban jadi salah satu komponen terpenting dalam menjaga mobil tetap stabil dan nyaman. Tak heran, tugas pokoknya pun tak sepele, ban jadi tumpuan keseluruhan bobot mobil sekaligus komponen yang paling sering kontak langsung dengan permukaan jalan. 

Lantaran faktor pemakaian dan kondisi jalan berlubang setelan roda jadi gampang berubah. Karena itu, bagian ban dan kaki-kaki wajib diperhatikan. Caranya, dengan rutin melakukan spooring dan balancing.

Spooring dilakukan guna menyelaraskan sudut geometri keempat roda agar bisa lurus. Sedangkan balancing dibutuhkan untuk membuat putaran roda jadi stabil. 

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, spooring dan balancing ban tidak menggunakan patokan baku, semuanya menyesuaikan kondisi pemakaian. 

"Kendaraan yang sering digunakan berkendara di jalan tol, sebelum 6 bulan paling tidak harus cek kaki-kaki," ucap Bambang dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/9/2022). 

Baca juga: Cara Mudah Ketahui Ban Mobil Harus di Spooring

Seringnya kendaraan melewati jalan berlubang, tekanan udara ban, dan bobot mobil yang over kapasitas menyebabkan setelan spooring dan balancing mudah berubah. 

Balancing banDicky Aditya Wijaya Balancing ban

Biasanya dalam kecepatan tertentu, pengemudi mobil akan merasakan stir liar atau getaran berlebihan. Setelan kaki-kaki dan roda yang tidak seimbang, selain mengganggu kenyaman bisa juga mempengaruhi usia pakai komponen lainnya. Ban mobil bisa habis sebelah. 

Karena itu, patokan jadwal spooring dan balancing bisa lebih cepat dari rekomendasi pabrikan. 

"Kalau pakai aturan servis berkala setiap 10 ribu kilometer. Supaya lebih memastikan, nanti akan dilakukan cek fisik kondisi keseluruhan komponen kaki-kaki mobil," kata Bambang. 

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Nekat Membiarkan Ban Mobil Kempis?

Menurut Bambang, patokannya bisa dari gejala yang dirasakan oleh pengemudi. Sebab, jika kaki-kaki mobil dalam kondisi sehat, walau stir dilepas tanpa dipegang tetap lurus. 

Bila ada kerusakan kaki-kaki stir akan belok kanan atau kiri. 

"Saat spooring dan balancing dilakukan, semua bagian kaki-kaki mobil akan di cek. Baiknya lagi bila sekaligus melakukan rotasi ban," ujar Bambang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.