Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baleno Facelift Rilis di Indonesia, Maruti Suzuki Sedang Tes Baleno SUV

Kompas.com - 02/09/2022, 19:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baleno Facelift memang baru saja diluncurkan di Indonesia, tepatnya di GIIAS 2022. Tapi di negara asalnya yakni India, akan hadir SUV berbasis Baleno dengan nama YTB SUV Cross.

Dikutip dari Indiacarnews.com, Maruti Suzuki berusaha mengisi celah pasar dengan menghadirkan berbagai lini produk SUV. Nantinya, YTB SUV Cross akan mengisi ruang antara Baleno dan Grand Vitara.

Kabar mengatakan, YTB SUV Cross akan diluncurkan pada acara Auto Expo di Januari 2023 bersamaan dengan Jimny long-wheelbase. Jadi varian SUV Suzuki di India semakin lengkap.

Baca juga: Kolaborasi Toyota dan Suzuki Siapkan Platform Baru Mobil Listrik

Test drive Suzuki New Baleno hatchback di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Test drive Suzuki New Baleno hatchback di GIIAS 2022

Kehadiran YTB SUV Cross ini bisa dilihat karena sering tertangkap kamera unit prototipenya. Selain itu, ketika YTB Cross sudah hadir, maka dia akan menggantikan S-Cross.

Secara silet, YTB SUV Cross akan mirip dengan Baleno, cuma bagian depannya dibuat berbeda. Desain depannya akan dibuat mirip Grand Vitara yang mengusung model lampu terpisah antara LED di atas dan lampu utama di bumper.

Secara bentuk dan desain, YTB SUV Cross mengambil inspirasi dari Futuro-e concept yang hadir di Auto Expo 2020.

Dirumorkan pelek dual tone akan dipasang, selain itu ground clearance lebih tinggi, ditambah adanya plastic cladding di bagian samping.

Baca juga: Bus Selonjoran Pertama PO STJ, Pakai Bodi Buatan Laksana


Untuk interior, rumornya akan serupa dengan Baleno Facelift. Sedangkan untuk mesin, akan menggunakan 1.0 liter Boosterjet 3 silinder turbo dengan teknologi mild hybrid, 1.2 liter Dualjet atau 1.5 liter Dualjet dengan mild hybrid.

Mari kita tunggu apakah Suzuki Indonesia akan memboyong juga SUV berbasis Baleno ini ke Indonesia nanti setelah meluncur. Mengingat, Suzuki juga baru memboyong city car bergaya SUV yakni S-Presso ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com