Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, MotoGP Portugal Jadi Seri Pembuka Musim 2023

Kompas.com - 03/08/2022, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk musim depan, MotoGP akan sedikit berbeda, karena seri pembuka tidak lagi digelar di Losail, Qatar. Dorna Sports sudah memutuskan MotoGP Portugal yang jadi seri pembuka.

Dikutip dari Speedweek.com, Rabu (3/8/2022), Sirkuit Portimao akan menjadi tuan rumah untuk seri perdana musim depan. Tanggalnya juga sudah ditentukan, yakni 24 Maret 2023 hingga 26 Maret 2023.

Baca juga: Jelang MotoGP Inggris 2022, Siapa Pebalap yang Paling Sering Menang?

Untuk sementara ini, baru jadwal seri pembuka saja yang sudah dipastikan. Sementara jadwal untuk seri-seri berikutnya akan ditentukan kemudian.

Sirkuit Internasional Algarve, venue MotoGP Portugal 2021.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Sirkuit Internasional Algarve, venue MotoGP Portugal 2021.

Untuk pertama kalinya sejak 2007, seri perdana MotoGP akan digelar di sirkuit Eropa lagi. Selama ini, Qatar yang selalu jadi pembuka dan sejak 2008 balapannya selalu digelar malam hari.

"Proyek remodelling akan dimulai pada 2022 dan akan ada beberapa area yang dikembangkan untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik untuk semua yang balapan dan mengunjungi sirkuit, mulai dari pebalap dan tim hingga penggemar dan tamu," tulis keterangan dari Sirkuit Losail.

Baca juga: Tahun 2022 Jadi Musim Terburuk Honda Dalam Sejarah MotoGP

Disebutkan bahwa renovasi ini akan membuat Sirkuit Losail sebagai sirkuit yang paling canggih nantinya. Perubahan ini dilakukan karena Sirkuit Losail sedang dilakukan renovasi dan didesain ulang pada bagian paddock dan fasilitas lainnya sekitar sirkuit.

MotoGP Qatar akan bergeser ke akhir-akhir musim depan. Selain itu, akan digelar juga sesi tes pra-musim di Sirkuit Portimao. Belum diketahui juga apakah perubahan ini akan dilakukan seterusnya atau hanya musim depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com