Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi Sepeda Motor Listrik Bekas Masih Sedikit

Kompas.com - 25/07/2022, 08:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat kendaraan listrik termasuk sepeda motor akan jadi alat transportasi utama di jalan raya. Saat ini pemerintah juga terus mendorong percepatan transisi tren motor listrik.

Meski beberapa stimulus sudah digelontorkan dan merek motor listrik juga terus bermunculan di Indonesia, nyatanya populasi motor listrik belum banyak. Hal itu dapat dilihat jumlah motor listrik masih sedikit di jalan raya.

Baca juga: Tekanan Angin Ban Mobil Baiknya Lebih Keras Depan atau Belakang?

Lantas bagaimana dengan motor listrik bekas, apakah ada peminatnya. Sebab jika berkaca pada motor mesin bakar konvesional, bursa motor seken atau bekas justru merupakan segmen gemuk yang dicari orang.

United T1800Foto: United United T1800

Nyatanya mencari motor listrik bekas cukup sulit karena unitnya memang tidak banyak. Di situs online terkemuka saja penjual motor listrik seken bisa dihitung dengan jari. Kalaupun ada ialah merek-merek yang sudah terkenal.

Di situs jual beli online, Minggu (24/7/2022), motor listrik United T1800 hanya ditemui tiga unit. Harga paling murah dibanderol Rp 18 juta buatan 2018 namun saat dicari halamannya tidak bisa dibuka.

Jika benar sang penjual buka harga Rp 18 juta maka penurunannya cukup dalam, sebab saat ini motor barunya dibanderol mulai dari Rp 27 juta. Sedangkan di toko online semisal Tokopedia, United T1800 dibanderol Rp 28,5 juta.

Baca juga: Minat Konversi Vespa Klasik Jadi Motor Listrik? Cek Biayanya

Motor seken Gesits di situs jual beli online.Foto: Tangkapan layar Motor seken Gesits di situs jual beli online.

Motor listrik karya anak bangsa, Gesits G1 juga tidak terlalu banyak padahal brand image Gesits cukup terkenal. Di OLX hanya ada beberapa unit, dan paling murah dijual Rp 25,5 juta produksi 2020.

Adapun saat ini harga Gesits di wilayah Jabodetabek mencapai Rp 28 jutaan.

Viar Q1, salah satu pelopor di motor listrik bahkan disebut sebagai motor listrik pertama yang punya STNK tak jauh berbeda. Di OLX ada dua yang menjual Q1 model lama, yaitu produksi 2017 dan 2018.

Untuk yang model 2017 buka harga Rp 9,5 juta sedangkan model 2018 dibanderol Rp 12 juta. Adapaun saat ini harga Viar New Q1 dipatok Rp 21 jutaan tergantung wilayah masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com