Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ABC Jadi Pionir Produsen Sel Baterai Lokal Pertama Kendaraan Listrik

Kompas.com - 23/07/2022, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, menghadirkan banyak pendukung kendaraan listrik. Tak terkecuali pabrikan baterai, seperti PT International Chemical Industry (Intercallin), produsen baterai ABC.

Baterai ABC diproduksi sejak 1959 dan terus eksis hingga sekarang. Tapi, produknya hanya sebagai battery pack untuk penggunaan berbagai alat elektronik.

Baca juga: Ford Kolaborasi Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Direktur Pemasaran PT Intercallin Hermawan Wijaya mengatakan, ABC mengambil keputusan untuk membangun pabrik sel lithium mulai 2019. Lalu, pembelian mesin, pembangunan gedung, fasilitas, dan infrastruktur dilakukan sampai akhirnya bisa produksi awal 2022 ini.

Baterai ABC Lithium untuk sepeda listrikKompas.com/Donny Baterai ABC Lithium untuk sepeda listrik

"Jadi, produksi perdana kita di awal tahun 2022 ini. Kita membuat suatu produk sel jenis Lithium Ferro Phosphate yang bentuknya silinder. Itu produk pertama kita," ujar Hermawan, kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Lithium Ferro Phosphate (LFP) atau LiFePO4 terbukti sebagai material katode yang paling aman untuk baterai lithium ion. Baterai tersebut tidak memiliki risiko terbakar, tidak ada risiko meledak, dan memiliki siklus hidup paling lama.

Baca juga: Mengecas Baterai Wuling Air ev di Rumah Butuh Daya Minimal 2.200 W

Hermawan menambahkan, sel baterai bisa digunakan untuk kebutuhan yang bermacam-macam, bisa energi terbarukan atau kendaraan listrik.

Baterai ABC Lithium untuk motor listrik roda tigaKompas.com/Donny Baterai ABC Lithium untuk motor listrik roda tiga

"Kendaraan listrik pun bermacam-macam, seperti sepeda, sepeda motor, mobil listrik yang kecil, atau motor roda tiga, dan segala macam. Selain itu, bisa juga untuk penyimpan daya atau energy storage untuk keperluan back up," kata Hermawan.

Menurutnya, dengan adanya sel ini, ABC juga bisa membantu UMKM atau hobi, atau industri rumah tangga yang membutuhkan battery pack. Aplikasi sel baterai tersebut bisa segala macam.

Baca juga: PLN: Gratis Pasang Home Charging untuk Pemilik Mobil Listrik

Hermawan Wijaya, Direktur Pemasaran PT IntercallinKompas.com/Donny Hermawan Wijaya, Direktur Pemasaran PT Intercallin

"Atau dia lewat company packer yang bikin sendiri juga bisa, nanti kita yang suplai selnya. Sebab, pabrikan sel kan tidak ada di Indonesia. Saat ini, kita sebagai industri pionir untuk sel," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com