Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Bodi Bus Tanpa Selendang, Desain Lebih Lekang Zaman

Kompas.com - 01/07/2022, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan bus zaman sekarang bisa dibilang tidak terlepas dari yang namanya selendang. Selendang adalah bagian ornamen pemanis yang biasanya ada di sisi samping depan bodi bus.

Setiap karoseri punya desain selendangnya masing-masing. Oleh karena itu, selendang juga menjadi ciri dari bodi buatan karoseri apa.

Namun seiring berjalannya waktu, desain bus kini mulai kembali ke zaman dahulu di mana tidak pakai ornamen selendang. Selain itu, ornamen yang ada di bagian samping bus kini jadi tidak terlalu besar dan terlihat lebih sederhana.

Baca juga: Video Bus Berjalan Tanpa Lampu Malam, Membahayakan Orang Lain

Bus AKAP baru PO 27 TransDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO 27 Trans

Manager Design Karoseri Laksana Kusririn mengatakan, desain bus dengan dan tanpa selendang sebenarnya punya kelebihannya masing-masing.

"Desain selendang yang bagus dan proporsional dapat menguatkan dan menambah nilai tampilan dari samping," ucap Kusririn kepada Kompas.com, Kamis (30/6/2022).

Sedangkan kalau tanpa selendang, desain bodi bus jadi lebih sederhana dan terlihat polos. Namun hal tersebut yang membuat bus tampil long last, timeless, alias lekang zaman.

Baca juga: Masih Banyak Pelaku Lane Hogger di Jalan Tol Belum Sadar Bahaya


"Bicara desain bus tanpa selendang, ada nilai lebih juga. Biasanya umur disainnya boleh dikata long live, tidak membosankan dan kesan elegan sangat terasa walupun terlihat polos," ucapnya.

Bahkan bisa dibilang bus-bus lama yang bagian sampingnya minim selendang sampai saat ini masih terlihat elegan di jalanan. Selain itu, untuk para penumpang juga jadi lebih nyaman karena pandangan ke luar jadi lebih lega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com