Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentil Stewards, Quartararo Sebut Tidak Akan Menyalip Lagi di MotoGP

Kompas.com - 28/06/2022, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo mendapat hukuman long lap penalty dalam seri Silverstone pada 7 Agustus mendatang.

Hukuman ini didapat Quartararo usai dirinya mengalami low side sehingga menyenggol pebalap Aprilia Aleix pada MotoGP Belanda 2022 akhir pekan lalu.

Stewards MotoGP menilai aksi menyalip yang dilakukan oleh Quartararo terlalu memaksa, padahal posisinya tak memungkinkan. Inilah yang membuat pihaknya menjatuhkan hukuman long lap penalty kepada Quartararo.

Baca juga: Gresini Racing Masih Bisa Raih Poin Penting Meski Kesulitan di Assen

Berselang sehari, melalui media sosial pribadinya, Quartararo pun meluapkan kekesalan atas penalti yang diterimanya.

“Well… Long lap untuk balapan berikutnya. Sekarang Anda tidak bisa mencoba menyalip karena mereka menganggap Anda terlalu ambisius. Sejak awal tahun, beberapa pembalap melakukan “insiden balapan” tetapi ternyata milik saya terlalu berbahaya. Selamat kepada Stewards untuk pekerjaan luar biasa yang Anda lakukan. Lain kali saya tidak akan mencoba menyalip karena nanti akan mendapat penalti. Selamat berlibur yang menyenangkan dan sampai jumpa di Silverstone,” tulis Quartararo, di akun Twitter miliknya.

Tak hanya Quartararo yang dibuat kesal, pihak Yamaha pun menilai janggal kejadian ini. Menurut Direktur Yamaha MotoGP Massimo Meregalli, ada beberapa kecelakaan serupa yang terjadi di musim ini, namun tak mendapat hukuman apa-apa.

Ia memberi contoh insiden yang melibatkan Francesco Bagnaia dan Jorge Martin di MotoGP Qatar, atau saat Takaaki Nakagami kecelakaan di MotoGP Catalunya hingga membuat pergelangan tangan Alex Rins patah.

“Kami melihat kecelakaan pertama Fabio sebagai insiden balapan, dan merasa bahwa keputusan Race Direction untuk memberinya sanksi untuk balapan berikutnya bukan hanya keras, mengingat dia tidak menjatuhkan siapapun dan Aleix masih bisa mencetak poin, tetapi juga tidak konsisten dengan insiden balapan yang telah kita lihat di GP sebelumnya yang dibiarkan begitu saja,” ujar Meregalli dikutip dari Crash, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Royal Enfield Shotgun 650 Siap Menggebrak

“Kami akan menggunakan jeda musim panas ini untuk mencerna balapan ini dan kembali siap bertarung di Silverstone dalam waktu satu bulan,” lanjutnya.

Sebagai informasi, para rider sedang memasuki masa libur musim panas selama satu bulan penuh, usai MotoGP Belanda 2022.

Adapun untuk seri berikutnya baru akan digelar pada 7 Agustus mendatang di Silverstone. Di seri itulah Quartararo akan menjalani long lap penalty yang diberikan oleh Steward MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com