Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaki-kaki Mobil Punya Peran Penting pada Keselamatan Berkendara

Kompas.com - 22/06/2022, 17:42 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dilihat dari letak dan fungsinya, kaki-kaki mobil memang menjadi salah satu kunci keselamatan saat berkendara.

Dari ban, rem, hingga roda kemudi menjadi rangkaian bagian yang cukup vital dalam menunjang keselamatan.

Bayangkan mobil tanpa ban yang sehat, maka sangat berisiko bila dikendarai di jalan, terlebih pada kecepatan tinggi.

Ketika tiba-tiba mengalami pecah ban atau kempis, maka laju kendaraan menjadi tidak terkendali dan berpotensi terjadi kecelakaan.

Baca juga: Bukan Awet, Mobil Jarang Dipakai Justru Bikin Kantong Jebol

Tidak hanya ban, bagian lain yang lebih besar dan lebih penting juga sama saja. Maka dari itu, menjaga kesehatan kaki-kaki menjadi penting.

Ilustrasi proses spooring ban mobil.liveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil.
Contoh mobil dengan memiliki kemudi yang tidak stabil, lari kanan lari kiri, sangat berbahaya jika dikendarai pada kecepatan tertentu. Termasuk kemampuan kemudi dalam menjaga kelurusan dalam kecepatan tinggi.

Jika terlalu ringan bisa sangat berbahaya, mobil berpotensi hilang kendali saat pengendara lengah. Maka dari itu spooring  termasuk sangat penting demi menjaga kemampuan kemudi tersebut.

Service Manager Setiawan Spooring Rudy Antono mengatakan, banyak orang yang tak menyadari kaki-kaki memegang peran penting dalam menunjang keselamatan, termasuk di dalamnya untuk melakukan spooring.

Baca juga: Rutin Spooring dan Balancing Tidak Ampuh Cegah Setir Mobil Speleng

Ilustrasi pengecekan roda mobilSIS Ilustrasi pengecekan roda mobil

“Kalau bicara soal safety itu sebenarnya nomor satu driver-nya, nomor dua sebenarnya kaki-kakinya, termasuk spooring itu tadi. Jadi, kaki-kaki yang tidak prima itu berpotensi menimbulkan kecelakaan, tapi sedikit orang yang menyadarinya,” ucap Rudy, kepada Kompas.com, Rabu (22/6/2022).

Rudy mengatakan, dalam melakukan spooring, bengkelnya tak akan asal-asalan. Hal pertama harus melakukan pengencekan kondisi komponen dari peredam kejut, arm, rack steer, hingga kondisi ban.

Ini menandakan, sektor kaki-kaki memang tidak bisa dipandang remeh. Semua komponen perlu dipastikan kondisinya lebih dulu, baru disempurnakan melalui spooring atau balancing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com