Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Aneh MotoGP Jerman 2014, Balapan Dimulai dari Pit

Kompas.com - 15/06/2022, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Jerman sering kali memberikan tontonan seru yang berbeda dari seri lainnya. Salah satunya terjadi pada musim 2014, di mana banyak pebalap yang start dari pit di Sachsenring.

Pada saat itu, barisan paling depan berhasil dikuasai oleh para pebalap Honda. Duo Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, di urutan pertama dan kedua. Sedangkan urutan ketiga, ada Stefan Bradl yang masih berada di tim LCR Honda.

Posisi keempat ditempati oleh Aleix Espargaro yang saat itu membalap untuk tim NGM Forward Racing. Sedangkan posisi kelima dan keenam, ada Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Baca juga: Banyak Berubah, Dovizioso Sebut MotoGP Makin Sulit Diprediksi

Saat pebalap akan berbaris di grid, hujan dengan intensitas ringan turun. Banyak para pebalap yang memutuskan untuk mengganti ban basah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Namun, saat para pebalap melakukan warm up lap untuk kembali berbaris di grid, trek sudah mengering. Banyak pebalap yang memutuskan untuk mengganti motor yang sudah dilengkapi dengan ban kering atau tipe slick.

Sesuai regulasi, maka para pebalap tersebut diharuskan untuk start dari pit. Alhasil, hanya ada sembilan pebalap yang start dari grid. Sementara 14 pebalap lainnya start dari pit.

Baca juga: Tolak Tim Satelit MotoGP, Toprak Pilih Bertahan di WorldSBK

Sementara Bradl yang merupakan pebalap tuan rumah, sudah lebih dulu mengganti bannya dengan tipe slick sebelum melakukan warm up lap. Sehingga, terlihat dirinya start jauh di depan. Sedangkan pebalap lainnya yang ada di grid, berada di barisan keenam dan seterusnya.

Marquez yang juga terpaksa start dari grid tetap berhasil mempertahankan kemenangan. Sedangkan podium kedua dan ketiga, diisi oleh Pedrosa dan Lorenzo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com