Kompas.com - 15/06/2022, 12:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hampir seluruh wilayah Jakarta akan alami cuaca hujan, Kamis (15/6/2022).

Di musim hujan seperti ini, pengendara sepeda motor harus lebih waspada. Bukan hanya sekadar menyiapkan jas hujan saja, tapi juga kelengkapan lainnya seperti pelindung anti air untuk sepatu.

Baca juga: Apa Pengaruhnya Matikan AC Saat Mobil Melewati Tanjakan?

Tidak sedikit pengendara motor yang memilih melepas sepatunya ketika hujan, lalu menggantinya dengan sandal. Bahkan ada pula yang lebih memilih untuk tidak menggunakan alas kaki sama sekali alias nyeker.

Padahal, sikap tersebut berisiko membahayakan pengendara. Sebab kaki jadi tidak memiliki pelindung sama sekali.

Pengendara sepeda motor harus lebih waspada ketika musim hujan. Bukan cuma perlu menyiapkan jas hujan, tapi juga kelengkapan lainnya seperti pelindung anti air untuk sepatu.

Pasalnya, tidak sedikit pengendara motor yang memilih melepas sepatunya ketika hujan tiba. Padahal, sikap tersebut berisiko membahayakan pengendara motor.

Jusri Pulubuhu, Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan bahwa mengendarai motor tanpa alas kaki tidak memenuhi unsur keselamatan berkendara.

"Jika sandal saja tidak memenuhi unsur itu apalagi tidak pakai sama sekali. Tak jarang kita lihat saat hujan, pengendara sepatunya disimpan dan tidak pakai alas, padahal berbahaya," kata Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi berkendara saat hujan.motorcyclenews.com Ilustrasi berkendara saat hujan.

Kaki sama seperti bagian tubuh lainnya. Wajib terlindungi ketika sedang berkendara. Tanpa adanya sepatu sebagai pelindung, kaki berisiko mudah terluka saat mengalami kecelakaan.

Meski tidak mengalami kecelakaan, potensi kaki terkena lontaran benda tajam seperti kerikil di jalanan sangat mungkin terjadi. Sekali lagi, tanpa mengenakan sepatu, kaki lebih mudah terluka.

Baca juga: Kena Krisis Cip Semikonduktor, Inden Kawasaki Ninja ZX-25R Jadi Molor


Selain itu, berkendara tanpa alas kaki yang tepat membuat pengendalian sepeda motor akan berkurang, terlebih saat mengoperasikan pedal rem belakang ataupun kopling bagi pengendara motor sport.

“Saat ini sudah banyak dijual sepatu bermaterial anti air yang bisa digunakan saat berkendara. Ada juga aksesoris pelindung sepatu yang tahan air sehingga alas kaki tersebut tidak mudah basah,” kata Jusri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.