Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Recall Toyota Land Cruiser 300, Fitur VSC Bermasalah

Kompas.com - 11/06/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Land Cruiser 300 beberapa waktu lalu sudah diluncurkan di Indonesia. Sayangnya, mobil ini mengalami masalah dan terpaksa dilakukan recall.

Dikutip dari Autoindustriya.com, Sabtu (11/6/2022), Toyota mengumumkan bahwa Land Cruiser 300 yang dipasarkan di Filipina mengalami masalah.

Baca juga: Toyota Indonesia Tanggapi Inden Land Cruiser 300 Sampai 4 Tahun

Menurut Toyota Motor Phillippines (TMP), mobil tersebut bermasalah pada bagian vehicle stability control (VSC). Departemen Perindustrian dan Perdagangan Filipina menyebutkan bahwa total mobil yang kena recall mencapai 615 unit.

Toyota :Land Cruiser 300 versi ModellistaPAULTAN.org Toyota :Land Cruiser 300 versi Modellista

Land Cruiser 300 mengalami masalah pada Skid Control ECU dari VSC. Terdapat pemrograman yang tidak benar pada perangkat lunaknya.

VSC berpotensi tidak kembali ke mode bawaan, yakni On, ketika pengemudi nantinya menyalakan kendaraannya. Masalah tersebut bisa terjadi jika pengemudi menonaktifkan VSC dan kunci kontak dimatikan, lalu dinyalakan kembali ketika pedal rem diinjak.

Baca juga: Emisi Gas Buang All New Toyota Land Cruiser dan New Fortuner Diklaim Baik

Dengan VSC yang tidak diaktifkan ketika berkendara, dapat meningkatkan risiko kecelakaan. VSC sendiri bekerja secara otomatis membantu pengemudi menjaga kendali kendaraan dalam manuver yang sulit. VSC juga dinilai dapat mencegah terjadinya oversteer dan understeer, bahkan mengurangi risiko mobil terguling.

LC300Kompas.com/ApridaMegaNanda LC300

TMP akan memperbaiki masalah pada Land Cruiser 300 dengan memprogram ulang aktuator rem pada ECU secara gratis.

Sementara di Indonesia, Kompas.com sudah menanyakan pada pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) apakah unit yang dipasarkan di sini mengalami masalah serupa. Namun, belum ada jawaban hingga berita ini diturunkan.

"Saya coba cek dulu ya," ujar Anton Jimmy Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/6/2022), melalui pesan singkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com