Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Mengecek Kondisi Ban Cadangan Mobil

Kompas.com - 04/06/2022, 15:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Namanya juga cadangan, ban yang satu ini kerap diabaikan oleh pengguna karena jarang dipakai. Padahal, dengan adanya unit cadangan maka keamanan dan kenyamanan saat berekendara menjadi lebih terjaga.

Bayangkan saja jika tidak ada ban cadangan, atau ada tapi kondisinya tidak prima, maka ketika terjadi ban pecah atau bocor di jalan, pengendara akan mengalami kesulitan ganda. Sudah mobil tidak bisa jalan, harus mencari bengkel terdekat, dan lain sebagainya.

Maka kehadiran ban cadangan akan begitu terasa manfaatnya. Asal dilengkapi dengan kunci roda dan dongkrak, jadi bisa dipasang sendiri di lokasi.

Baca juga: Ban Cadangan Mobil Jangan Dipakai Terlalu Lama

“Memeriksa kondisi bagian ini perlu dilakukan, sehingga saat dibutuhkan, pengemudi sudah memiliki ban cadangan atau serep yang memang layak pakai,” kata Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International – Peugeot, beberapa waktu lalu.

Menurut Roni, pemeriksaan ban cadangan cukup mudah yakni dengan memastikan kondisi permukaan ban, kualitas ban, serta tekanan angin ban. Seperti yang diketahui, ban memiliki limit ketebalan tapak ban serta masa kadaluwarsa. Tentu saja, kualitas ban ditentukan oleh dua hal tersebut.

Ilustrasi ban mobil.Dok. Shutterstock Ilustrasi ban mobil.

Begitu juga dengan tekanan angin ban yang bisa berkurang seiring berjalannya waktu meski jarang dipakai, sehingga mengecek tekanan ban cadagan secara rutin menjadi kebutuhan bagi pengendara.

Baca juga: Ingat, Ban Cadangan Mobil Juga Perlu Dirawat

“Kalau tekanannya kurang atau habis saat ban serep diperlukan malah berisiko. Selain harus cari bengkel terdekat, ban yang kempes di dalam kabin juga rawan rusak,” kata dia.

Bahkan dia juga menyarankan untuk melebihkan pengisian angin ban sekitar 2 psi dari ketentuan pabrik. Hal ini bertujuan agar tekanan angin ban cadangan senantiasa terjaga atau tidak kurang.

Dia juga menyarankan untuk melakukan pengecekan ban cadangan minimal satu kali dalam sebulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com