Anies Baswedan Numpang Safety Car Formula E, Perut seperti Ketinggalan

Kompas.com - 04/06/2022, 12:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat pengalaman menarik menjelang perhelatan Jakarta E-Prix, yang berlangsung di Sirkuit Ancol, Sabtu (4/6/2022).

Pada pagi hari sebelum kualifikasi berlangsung, Anies mendapat kesempatan mengelilingi Sirkuit Ancol menggunakan mobil safety car Formula E, Porsche Taycan Turbo S di kursi penumpang.

"Tadi pagi saya ikut di dalam safety car yang berputar mengelilingi sirkuit, bersama dengan pengemudi namanya Bruno, sebuah pengalaman yang luar biasa," kata Anies di lokasi, Sabtu (4/6/2022).

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, BP, dan Vivo Juni 2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi media center Formula E Jakarta 2022, Sabtu (4/6/2022) siang WIB. KOMPAS.com/Benediktus Agya Pradipta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi media center Formula E Jakarta 2022, Sabtu (4/6/2022) siang WIB.

Anies duduk di kursi penumpang selama 4 menitan dan dibawa mengelilingi sirkuit sebanyak empat kali. Dia mengaku mendapat pengalaman luar biasa, sebab perutnya seperti tertinggal di belakang.

"Karena mobilnya berjalan sampai kecepatan hampir 200 kpj, dan dari (kecepatan) 0 kpj ke 100 kpj dalam 2 detik. Jadi rasanya buat seseorang yang bukan di bidang balap mobil itu pengalaman luar biasa, perut seperti tertinggal di belakang," kata Anies.

"Bayangkan dari nol ke 100 kpj dalam waktu kira-kira 2 detik. Akselerasi yang luar biasa dan memutari (sirkuit) dengan kecepatan yang luar biasa tinggi," katanya.

Baca juga: Nissan e.dams Targetkan Poin Maskimal di Jakarta E-Prix

"Bukan karena (kecepatan) 200 kpj nya tapi karena akselerasinya, kalau 200 kpj pelan-pelan (bertahap), tapi ini dari nol langsung, kalah," kata dia.

Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula EDok. Fiaformulae.com Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula E
Baca juga: Pilihan Pol Espargaro Jika Terlempar dari Repsol Honda

Mobil listrik pertama buatan Porsche ini diklaim memiliki tenaga hingga 560 kW atau setara 761 tk dan torsi maksimal mencapai 940 Nm.

Tenaga dan torsi tersebut dialirkan secara linear ke seluruh roda melalui transmisi otomatis dua percepatan.

Dengan fitur launch control, tipe tertinggi mampu menyuplai torsi hingga 1.050 Nm. Akselerasi 0-100 kpj per jam dalam 2,8 detik dan dapat dipacu maksimal sampai 260 kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.