Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulasan Kabin Bus Baru New Armada, New Skylander R22

Kompas.com - 01/06/2022, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri New Armada belum lama ini meluncurkan bodi bus besar baru dengan nama New Skylander R22. Bodi bus ini merupakan update dari Skylander yang rilis pada 2019.

Untuk bagian eksteriornya, ubahan nampak pada bagian depan, samping, hingga belakang. Secara keseluruhan, bentuk New Skylander R22 jadi lebih sporty dan agresif.

Untuk bagian kabinnya, kesan mewah sangat terasa ketika awal masuk. Pertama dashboard-nya dilapis dengan bahan kulit berwarna coklat, memberi kesan mewah dan lembut untuk dipegang.

Baca juga: PO SAN Tambah Bus Baru, Mau Mejeng di GIIAS 2022

Kabin New Skylander R22 buatan Karoseri New ArmadaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin New Skylander R22 buatan Karoseri New Armada

Selain itu, di bagian kabin pengemudi juga tersedia dua layar yang menampilkan tangkapan gambar dari spion kamera. Lalu, ada juga kamera CCTV yang mengarah ke depan yang bisa dilihat dari layar AVOD di bangku atau videotron di belakang bus.

Kemudian, New Armada juga menawarkan opsi running text LED di bagian depan. Fungsi dari running text LED ini bisa menjadi informasi bagi penumpang, apalagi zaman sekarang sudah jarang penumpang yang memakai fitur TV, kecuali untuk bus pariwisata.

New Skylander R22 yang dibawa kali ini menggunakan susunan 2-2 sebanyak 34 bangku. Tiga baris pertama menggunakan bangku dengan leg rest serta AVOD sebagai sistem hiburan, sedangkan sisanya hanya ada arm rest.

Baca juga: Bahaya Terlalu Sering Injak Setengah Kopling di Mobil Transmisi Manual

Kabin New Skylander R22 buatan Karoseri New ArmadaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin New Skylander R22 buatan Karoseri New Armada

Hal yang menarik pada New Skylander R22 ini adalah penggunaan bahan yang premium, bahkan untuk bagasi yang ada di atas kepala penumpang. Modelnya tertutup seperti di pesawat dan ada bahan kulit di bagian bawahnya.

Lalu, bus ini juga menyediakan cover kondensor AC yang bisa di-custom. Jadi pemesan nanti bisa memilih ingin seperti apa bentuk cover-nya dan bisa diwujudkan oleh karoseri. Pada kabin bus ini juga tersedia toilet yang letaknya di belakang sisi kiri belakang.

Perlu diketahui, pembeli nantinya bisa menyesuaikan apa yang ada di kabinnya. Mulai dari bangku, bahan pelapis, plafon, sampai toilet dan smoking room, jadi bisa saja berbeda dengan unit yang kali ini dipamerkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com