Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini jika Mobil Mengalami Ban Bocor di Jalan Tol

Kompas.com - 31/05/2022, 11:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kejadian yang sering dialami oleh pengemudi mobil saat melintas di jalan tol, yaitu mengalami ban bocor. Biasanya jika sudah seperti itu sang sopir akan merasa panik.

Sebaiknya, pengemudi jangan panik karena bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu, perlu diketahui tahapan yang benar saat mengalami ban bocor di jalan bebas hambatan.

Baca juga: Perluasan Ganjil Genap Diharapkan Turunkan Kemacetan hingga 45 Persen

Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia Fachrul Rozi mengatakan, terdapat beberapa langkah yang perlu pengemudi lakukan sebagai tindakan pertama.

Paling penting, kata dia pengemudi harus tetap tenang, konsentrasi, dan tidak perlu panik sehingga dapat berpikir dengan jernih.

"Tetap pertahankan dan pegang kemudi mobil Anda dengan baik. Pada dasarnya mobil yang mengalami ban bocor di tol masih tetap dapat melaju," kata Fachrul kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi ban bocor tertusuk pakuFebri Ardani/KompasOtomotif Ilustrasi ban bocor tertusuk paku

Kemudian kurangi kecepatan, karena apabila dalam kecepatan tinggi bisa menjadi cukup serius masalahnya.

Fachrul menjelaskan, jika pengemudi panik akan membuat mobil terguling karena secara reflek akan menginjak rem dengan keras.


Baiknya, saat ban bocor segera kurangi tekanan pada pedal gas dan menurunkan gigi. Apabila rem diperlukan, silahkan gunakan tapi lakukan secara perlahan agar mobil masih bisa dikendalikan dengan baik.

Baca juga: Ini Penyebab Wanita Kesulitan Saat Menggunakan Standar Tengah Motor

"Ban pecah mengakibatkan gaya tarik ke samping menjadi lebih besar ketimbang gaya tarik ke depan. Kondisi ini membuat setir cenderung lebih berat, mengikuti arah pecahnya ban. Singkatnya, mobil bisa oleng dan terguling di jalan,” kata Fachrul.

Maka dari itu, saat mengalami ban bocor di jalan tol jangan menginjak rem tapi kurangi gas. Kemudian, segera menepi dengan memperhatikan sekitar melalui spion. Pengendara mobil  jangan asal berpindah lajur karena bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com