Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Eksterior BMW X3 xDrive 30i M Sport, Gagah dan Sporty

Kompas.com - 29/05/2022, 15:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW X3 facelift merupakan salah satu produk terbaru dari BMW Group Indonesia dalam menyambut tahun fiskal 2022. Kendaraan dihadirkan di Tanah Air pada 16 Maret 2022 lalu, berbarengan peresmian BMW Ultima.

Sport Activity Vehicle (SUV) andalan tersebut hadir dalam dua trim yaitu xDrive 30i M Sport dan sDrive 20i xLine. Masing-masing varian memiliki kelebihannya, yakni pada tenaga dan tampilan.

Tak berselang lama sejak kehadirannya, redaksi Kompas.com mendapat kesempatan untuk menjajal langsung produk itu. Mobil yang digunakan ialah BMW X3 xDrive 30i M Sport dengan warna Brooklyn Metalic Grey.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas BMW di Bawah Rp 100 Juta

Desain eksterior BMW X3 xDrive 30i M SportKOMPAS.com/Ruly Desain eksterior BMW X3 xDrive 30i M Sport

Menjadi varian teratas, tentu banyak sekali perubahan yang terjadi pada X3 daripada model sebelumnya. Terkhusus, di sisi eksterior yang saat ini tampak lebih dinamis, gagah, juga sporty.

Pertama lampu utamanya, kini lebih menyipit dan lancip dengan teknologi BMW Laser Light. Membuat, jangkauan pencahayaan mobil semakin jauh dan terang 10 kali lipat dibanding lampu LED konvensional.

Namun, sistem ini hanya membutuhkan energi 30 persen lebih sedikit dari teknologi lampu biasanya. Tidak sampai di sana, sistem juga terintegrasi dengan kamera infra merah gun mendeteksi lalu lintas yang akan datang.

Memungkinkan, lampu secara otomatis redup tanpa harus menunggu perintah dari pengemudi.

Kemudian tampilan gagah dan sporty juga hadir berkat grill mobil yang sudah lebih besar dengan desain kidney grille khas BMW. Menariknya, bukan warna krom yang disemat pada bagianl ini melainkan satin silver.

Bempernya juga baru karena M Sport, melebar dan ditambah pemanis warna piano black.

Pada bagian samping, lekukannya terasa tak banyak berbeda dari model terdahulu. Tetapi pada bagian kaki-kaki, pelek dibuat lebih besar dengan ukuran 20 inci.

Baca juga: Tiket Nonton Balap Formula E Jakarta Ludes Terjual

Desain eskterior pada BMW X3 xDrive 30i M SportKOMPAS.com/Ruly Desain eskterior pada BMW X3 xDrive 30i M Sport

Penggunaan profil ban juga cukup unik, yang mana bagian belakangnya lebih lebar dengan ukuran 275/40. Sementara ban depannya berukuran 245/45.

Masih di bagian kaki-kaki, tampak sporty juga bisa dirasa dengan rem tampak besar berwarna merah di kalipernya. Satu set rem tersebut menyesuaikan trim pada mobil yakni M Sport.

Penyematan warna satin silver juga tampak konsisten di sisi ini. Dapat terlihat pada bagian roof rack dan lis kaca-nya.

Pada bagian belakang, perbedaan paling mencolok adalah pada desain lampu yang kini sangat besar. Desainnya pun unik, seperti capit kepiting.

Baca juga: Jangan Gaya-gayaan Beli Pelat Putih Secara Online, Tidak Sesuai Spek

Desain eksterior BMW X3 xDrive 30i M SportKOMPAS.com/Ruly Desain eksterior BMW X3 xDrive 30i M Sport

Bempernya, lagi-lagi agresif dengan desain besar dan dikombinasikan oleh warna piano black.

Knalpot yang ada di bawah, dua-duanya asli. Hanya saja bagian kiri baru akan aktif ketika pengemudi menggunakan mode berkendara sport dan sport+.

Adapun dimensi dari X3 terbaru, yaitu panjang 4.708 mm, lebar 2.138 mm, dan tinggi 1.676 mm. Secara keseluruhan, lebih panjang sekitar 70 mm serta lebih tinggi 16 mm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com